10 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat

Health News , , , , , 0 Comments
gout_food-item-not-permitted
sumber : http://drharmeenbhatiashomoeopathy.com/blog/wp-content/uploads/2015/04/gout_food-item-not-permitted.jpg

Asam urat dapat dicegah dengan menghindari makanan tertentu. Banyak makanan tertentu mengandung purin, yaitu zat yang terurai menjadi asam urat. Ketika asam urat menumpuk dalam aliran darah, itu mengkristal dan terkumpul di dalam sendi, menyebabkan nyeri, peradangan dan kemerahan, biasanya di jempol kaki. Berikut adalah makanan yang harus dihindari penderita asam urat :

  1. Daging Merah

Daging merah adalah salah satu makanan yang mengandung lebih banyak purin. Namun, daging putih, seperti daging babi, dan unggas juga tinggi purin, jadi yang terbaik membatasi konsumsi daging tersebut. Itu tidak berarti bahwa kita harus benar-benar menghilangkanya dari menu makanan tetapi membatasi agar jangan berlebihan. Pastikan untuk selalu menyeimbangkan makanan dengan sayuran dan buah-buahan.

  1. Jeroan

Seperti daging merah dan putih, jeroan juga mengandung jumlah purin yang tinggi. Hindari mengonsumsi organ hewan/jeroan seperti ati ampela, ginjal, otak, lidah dan babat.

  1. Seafood

Jika kalian pecinta makanan laut, maka kalian akan kecewa karena beberapa ikan dapat memicu asam urat. Ikan herring, teri, sarden, tuna, dan ikan berminyak lainnya dilarang untuk dikonsumsi karena akan memicu dan menyebabkan asam urat. Namun, selama asam urat masih di bawah kendali, kalian masih bisa untuk menikmati salmon, kerang, lobster, udang, kepiting atau belut. Pastikan untuk makan tidak lebih dari 4-6 ounces per hari apa pun jenis seafood yang kalian pilih untuk dikonsumsi.

  1. Bir

Percaya atau tidak, bir sebenarnya dua kali lebih buruk bagi penderita asam urat dibandingkan dengan daging dan makanan laut. Hal ini karena bir akan meningkatkan kadar asam urat dan kemudian membuat sulit bagi tubuh untuk menyingkirkan kelebihan asam urat. Anggur tidak seburuk bir, tetapi masih bisa meningkatkan kadar asam urat. Oleh karena itu, kebanyakan dokter menyarankan menghindari semua alkohol jika memiliki asam urat.

  1. Minuman Tinggi Gula

Hindari soda dan jus buah. Minuman ini mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, yang merangsang produksi asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa pria dan wanita yang mengonsumsi banyak fruktosa atau minum banyak minuman dengan sirup jagung fruktosa memiliki resiko lebih tinggi terkena asam urat. Alih-alih minuman manis, cobalah dengan air putih, teh, kopi , atau jus segar yang diperas.

  1. Asparagus dan Bayam

Produk hewani bukan satu-satunya makanan yang tinggi purin. Sayuran tertentu, seperti asparagus dan bayam, dapat memicu asam urat, tapi memang tidak separah makanan hewani. Purin dari sayuran juga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh daripada purin yang berasal dari daging dan makanan laut.

  1. Kembang Kol

Sementara beberapa orang menganggap kembang kol adalah sayuran hambar, tapi ternyata tinggi akan purin. Namun, sayuran dapat membantu tubuh menyingkirkan purin dan asam urat, jadi jangan menghilangkan sepenuhnya makanan ini. Mereka juga mengandung nutrisi yang dapat menurunkan resistensi insulin, yang memainkan bagian dalam mengendalikan asam urat.

  1. Buncis dan Kacang-kacangan

Kacang polong, buncis dan kacang lainnya juga merupakan sumber purin, yang menjadi sumber makanan yang buruk bagi mereka yang memiliki asam urat.  Oleh World’s Healthiest Foods, kacang polong dinobatkan sebagai makanan yang tinggi akan purin, yaitu 5 sampai 100 miligram purin per 3,5 ounces makanan. Namun, bila dimakan dalam bentuk mentah, kacang polong, bayam dan asparagus lebih sehat dibandingkansaat dimasak, selama porsi yang dikonsumsi dalam jumlah kecil saja.

  1. Jamur

Jika kalian berpikir untuk menggunakan jamur sebagai sumber pengganti daging, kalian harus memikirkan sesuatu yang lain. Seperti kacang-kacangan, jamur juga dianggap memiliki kandungan purin yang tinggi.

  1. Oat

Oatmeal dan makanan lain yang mengandung oat memiliki jumlah purin yang sedang. Kebanyakan dokter menyarankan bahwa orang yang memiliki asam urat harus membatasi asupan oatmeal dan makanan berbasis gandum lainnya.

Meskipun daftar  makanan ini mungkin tampak mengecewakan bagi kalian yang memiliki asam urat, tepi banyak dari makanan ini masih bisa dinikmati, asalkan dalam porsi kecil dan hanya mengonsumsi saat asam urat tidak kambuh. Makanan lain seperti buah jeruk, kopi, teh, makanan yang kaya susu dan makanan tinggi karbohidrat kompleks dapat benar-benar mencegah asam urat dan dianjurkan bagi orang yang memiliki asam urat

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *