Cara Mengetahui Makanan yang Mengandung Boraks

Health News , , , , 0 Comments
chicken_meatball_soup
http://www.easyrecipeworld.com/wp-content/uploads/2008/09/chicken_meatball_soup.jpg

Bagi kalian penggemar bakso, harus berhati-hati saat membeli bakso karena sekarang banyak bakso yang dibuat mengandung boraks. Boraks adalah bahan kimia yang sering dijadikan pengawet makanan. Padahal dalam industri, boraks digunakan untuk mengawetkan kayu dan sebagai antiseptik kayu, pembasmi serangga dan sebagai desinfektan. Borax diserap melalui usus, kulit yang rusak dan selaput lendir. Jika dikonsumsi untuk waktu yang lama atau berulang kali akan memiliki efek toksik. Dalam efek kesehatan akan menyebabkan muntah dan diare. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan pencernaan, nafsu makan menurun, anemia, depresi, kerusakan ginjal, rambut rontok, kanker, bahkan kematian. Penggunaan boraks untuk makanan sudah dilarang keras oleh pemerintah. Biasanya borak sering digunakan sebagai bahan campuran pada pembuatan lontong, kerupuk, mie basah, ketupat, bakso, dan beberapa jenis makanan lainnya. Berikut ciri-ciri makanan yang mengandung boraks:

  1. Bakso

– Ketika dilempar ke lantai akan elastis dan memantul seperti bola.

– Baunya tidak alami, ada bau lain yang muncul seperti bahan  kimia

– Lebih kenyal dibanding bakso tanpa boraks.

– Jika digigit akan kembali ke bentuk semula.

– Rasanya agak sedikit pahit karena mengandung bahan kimia, padahal rasa asli bakso biasanya aroma daging.

– Tahan lama selama beberapa hari.

– Warnanya terlihat lebih putih dari bakso biasanya yang berwarna keabu-abuan

  1. Mie basah
    Mie basah merupakan salah satu makanan yang paling banyak ditemukan mengandung boraks. Mie basah yang mengandung boraks mempunyai ciri lebih kenyal, lebih mengkilap, tidak lengket, dan tidak cepat putus.
  2. Kerupuk
    Ternyata penggunaan boraks juga ada pada kerupuk. Kerupuk yang mengandung boraks mempunyai ciri sangat renyah, tetapi ada sedikit rasa getir.

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *