Beras Hitam, Beras Merah atau Beras Putih?

Health News , , 0 Comments
main-625_625x350_81426750166
http://i.ndtvimg.com/i/2015-03/main-625_625x350_81426750166.jpg

Baik beras merah maupun beras hitam sama-sama mengandung anthocyanin, yaitu antioksidan yang ditemukan dalam blueberry dan anggur yang telah dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit jantung dan kanker. Beras merah dan hitam dipercaya lebih sehat daripada beras putih, sehingga sudah mulai banyak tempat makan yang menggunakan beras ini untuk menarik pelanggan. Dari segi warna, beras merah mempertahankan rona merah ketika dimasak, sedangkan beras hitam ternyata berubah menjadi ungu gelap.

  • Beras Merah

Warna merah pada beras merah berasal dari antioksidan yang disebut anthocyanin, yang juga ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna ungu atau kemerahan. Senyawa ini diyakini memiliki sifat yang dapat mengurangi peradangan, alergi, mencegah resiko kanker dan membantu dalam manajemen berat badan. Kandungan mangan membantu dalam memperkuat metabolisme, sedangkan magnesium membantu mengurangi migrain, menurunkan tekanan darah serta resiko serangan jantung. Bersama dengan kalsium, magnesium membantu dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan mencegah resiko arthritis dan osteoporosis. Di sisi lain kandungan seleniumnya juga melindungi tubuh terhadap infeksi.

  • Beras Hitam

Warna hitam pada berras hitam berasal dari phytochemical, anthocyanin dan tocols, yang terletak di bagian dalam dari bekatul. Penelitian menunjukkan bahwa fitokimia mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Zhimin Xu, seorang profesor di Departemen Ilmu Pangan di Pusat Pertanian Universitas Louisiana State di Baton Rouge, La mengatakan: “Hanya sesendok beras hitam sudah mengandung lebih banyak antioksidan antosianin, sedikit gula dan lebih banyak serat dan vitamin E daripada yang ditemukan di sesendok blueberry.”

  • Beras Putih

Beras putih adalah makanan pokok di banyak kebudayaan, terutama budaya Asia dan Pasifik, termasuk Hawaii. Beras putih digiling dan dipoles sehingga mengubah rasa, tekstur, penampilan, dan bisa lebih tahan lama. Beras putih adalah beras yang didapatkan dari proses penggilingan dari beras mentah yang telah dibuang lapisan luarnya, sehingga mendapatkan beras yang baik dan halus. Karena adanya proses penggilingan berulang kali, zat dan nutrisi yang terdapat pada beras hilang seperti zat besi, vitamin, zinc, magnesium, lemak esensial dan nutrisi penting lainnya. Beras putih juga memiliki indeks glikemik tinggi dibandingkan dengan beras cokelat, merah, ataupun hitam, karena tidak mengandung serat, yang memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *