Kacang Polong

Health News , , , , , , 0 Comments
fresh green pea in the pod isolated on white background
Kacang Polong, sumber : http://www.gardeningblog.net/grow-pictures/green-peas.jpg

Tahukah kalian bahwa kacang polong adalah salah satu sayuran yang paling bergizi, karena mengandung mineral, vitamin dan tentunya antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Pastikan selalu menambahkan kacang polong dalam menu harian keluarga anda ya, karena ternyata kacang polong ini memiliki banyak manfaat penting yaitu :

  1. Membantu menurunkan berat badan

Kacang polong rendah kalori sehingga dengan mengonsumsinya dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan  serat yang tinggi membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lama dan dengan demikian mencegah kita mengemil makanan yang tidak sehat.

  1. Baik untuk jantung

Niacin yang terdapat dalam kacang polong mampu mengurangi kolesterol jahat, yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Selain itu, kacang polong kaya akan antioksidan yang mencegah pembuluh darah dan arteri menjadi tidak lancar. Oleh karena itu, mengonsumsi sup yang terbuat dari kacang polong dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

  1. Mencegah sembelit

Ketika mengalami sembelit, penting untuk kita mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Makan kacang polong yang sarat dengan serat dapat membantu meringankan sembelit. Terlepas dari ini, kacang polong meningkatkan metabolisme sehingga membantu sistem pencernaan yang lebih baik.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Vitamin K, nutrisi dalam kacang polong membantu dalam menyerap kalsium sehingga membantu meningkatkan kesehatan tulang. Sebanyak 50% dari kebutuhan vitamin K1 harian dipenuhi oleh secangkir kacang polong rebus. Nutrisi seperti vitamin B1 dan asam folat yang ditemukan dalam dalam kacang polong mampu mencegah osteoporosis.

  1. Mencegah tanda-tanda penuaan

Sama seperti karat logam setelah terpapar udara, tubuh kita juga menderita kerusakan radikal bebas. Kehadiran antioksidan dalam kacang polong mengurangi kerusakan radikal bebas dan juga menghilangkan racun berbahaya dari tubuh. Oleh karena itu, makan lebih banyak kacang polong dapat memperlambat proses ini dan mencegah tanda-tanda penuaan.

  1. Membantu mengurangi depresi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Affective Disorders asupan rendah folat, vitamin, meningkatkan resiko gejala depresi melankolis. Selain itu, orang yang menderita depresi disarankan untuk makan makanan yang kaya antioksidan. Kacang polong kaya akan antioksidan. Mengemil kacang polong rebus dapat mencerahkan suasana hati.

  1. Mencegah kanker perut

Kacang polong mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang menjaga tubuh tetap sehat dan menurunkan resiko menderita kanker. Hal ini dikarenakan adanya Coumestrol, senyawa polifenol, yang telah dikaitkan dengan penurunan resiko kanker perut.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah sistem kekebalan yang kuat memastikan bahwa tubuh kita mampu melawan infeksi dan melindungi dari berbagai penyakit. Kacang polong merupakan sumber vitamin C dan nutrisi penting lainnya, sehingga dengan mengonsumsinya dapat meningkatkan kekebalantubuh kita.

  1. Mencegah anemia dan kelelahan

Apakah kita sering merasa lelah setelah seharian beraktivitas? Jika ya, maka cobalah beberapa kacang polong direbus dengan sedikit garam dan merica untuk meningkatkan energi. Hal ini dikarenakan kacang polong dikemas dengan zat besi, mineral yang dapat membantu mencegah anemia dan kelelahan, terutama pada wanita. Juga, kandungan vitamin yang tinggi dalam sayuran ini memastikan bahwa kita tidak merasa lelah setelah seharian beraktivitas.

  1. Baik untuk pertumbuhan anak

Selain kaya akan vitamin dan antioksidan, kacang polong juga sarat akan protein. Hal ini merupakan makanan ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika anak tidak suka warna hijau atau rasa kacang polong, kita dapat mencoba beberapa makanan seperti sup kacang polong atau sandwich yang ditambahkan kacang polong.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *