Tips Memilih Sayuran Hijau dan Menjaganya Agar Tidak Mudah Layu

Tips , , , , 0 Comments
FreeGreatPicture.com-50181-basket-full-of-fresh-vegetables
http://anona.bg/wp-content/uploads/2014/06/FreeGreatPicture.com-50181-basket-full-of-fresh-vegetables.jpg

Saat membeli sayuran di pasar atau supermarket sayuran nampak segar, eh saat dibawa pulang kok layu ya? Berikut tips memilih sayuran yang baik dan segar serta menjaganya agar tidak gampang layu saat dibawa ke rumah :
1. Untuk sayuran berdaun, maka pilihlah yang warnanya segar dan cerah, jika daunnya berlubang kecil seperti dimakan ulat itu tandanya sayuran bebas dari pestisida, dan hindari memilih sayuran yang daunnya layu, kusam dan menguning
2. Untuk jenis sayuran buah, pilihlah yang berwarna cerah, tidak keriput, tidak busuk, tidak berlubang, dan tidak memar
3. Untuk sayur jenis kacang-kacangan cari yang berwarna hijau tua, tidak berlubang, tidak berlendir, tidak layu/keriput, dan tidak busuk.
4. Untuk sayuran berbentuk umbi, maka pilih yang kulitnya mulus, tidak memar, tidak tergores, dan tidak busuk.
5. Untuk sayuran berbentuk bunga pilihlah yang berwarna cerah, tidak layu, dan tidak terdapat lubang atau bintik-bintik hitam.
6. Bungkus sayuran dengan kertas koran
Ketika membeli sayur di pasar atau di tukang sayur, penjual biasanya akan membungkusnya dengan kertas koran. Kertas koran dapat membantu menyerap air agar sayuran ini tidak cepat busuk. Daya serap kertas koran ini sangat baik sehingga sayuran tidak akan meninggalkan titik-titik air seperti ketika membungkus sayuran dengan plastik. Membungkus sayur dengan plastik justru akan membuat sayuran menjadi mudah busuk.
7. Bungkus dalam keadaan kering
Yang harus diingat dalam menyimpan sayuran adalah menghindari kondisi yang basah. Jika dirasa basah, sebaiknya keringkan dulu sayuran sebelum dibungkus dengan kertas koran. Kondisi basah akan mempercepat pembusukan sayur.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *