Manfaat Kesehatan dari Asam Jawa

Health News , , 0 Comments

unduhan

Salah satu manfaat kesehatan yang paling dikenal dari asam jawa, adalah penggunaannya sebagai obat sejak zaman kuno. Telah diketahui asam jawa bermanfaat untuk mengobati sembelit dan ganguan hati. Berikut ini adalah garis besar tentang berbagai manfaat kesehatan dari asam jawa.

  1. Mengobati atau Mengelola Sembelit

Asam berguna untuk mengobati sembelit karena bertindak seperti pencahar yang membantu mencegah atau mengobati sembelit.

  1. Mengobati Gangguan Empedu

Selama bertahun-tahun, asam telah terbukti sangat berguna untuk mengobati gangguan hati dan empedu dan telah dibuktikan dengan berbagai penelitian.

  1. Menurunkan Kolesterol

Asam jawa seperti makanan organik lainnya memainkan peran penting dalam tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga jantung tetap sehat. Dengan menurunkan kadar kolesterol jahat maka perkembangan penyakit jantung dan kardiovaskular dapat dicegah.

  1. Mengurangi Nyeri dan Peradangan

Asam ini sangat berguna untuk mengelola rasa sakit dan peradangan pada sendi. Telah terlihat bahwa daun dan daging buah asam yang dihancurkan dan dioleskan pada sendi yang bengkak akan membantu dan mengurangi peradangan.

  1. Mengobati Sakit Tenggorokan

Asam jawa digunakan untuk mengobati ketidaknyamanan sakit tenggorokan. Asam ini dapat dikumur atau diminum sebagai jus untuk membantu melegakan tenggorokan.

  1. Mengobati Konjungtivitis

Ada banyak obat tetes mata yang telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati peradangan pada konjungtiva mata dan bahan utamanya adalah asam. Kebanyakan salep mata terbuat dari biji asam jawa dan berguna untuk menyembuhkan peradangan konjungtiva yang diakibatkan infeksi bakteri atau kondisi umum yang disebut sindrom mata kering.

  1. Sebagai diuretik dan mengobati gangguan hati

Asam digunakan sebagai obat untuk gangguan empedu, penyakit kuning dan masalah diuresis lainnya.

  1. Melawan Kanker

Asam merupakan sumber penting dari antioksidan yang membantu melawan kanker dengan mengurangi peningkatan radikal bebas yang sering mengancam kita. Seperti sumber antioksidan lainnya, asam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk membantu melawan kanker.

  1. Mencegah Pilek dan Demam

Seperti disebutkan sebelumnya, asam ampuh untuk mengurangi peradangan dan karena itu juga mampu untuk mencegah pilek dan demam. Dengan segelas asam yang direbus dengan air mendidih akan melindungi kita dari pilek.

  1. Mengobati Diare dan Disentri

Asam berguna untuk mengobati diare dan disentri serta meringankan sakit perut. Lapisan luar/penutup biji asam adalah bagian penting untuk pengobatan diare.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *