Cara Menyimpan Daging, Seafood & Ikan di dalam Kulkas dan Freezer

Tips , , , , , , 0 Comments

 

 

ef6ae973b1ec6958d24e9411f9d40a5b
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/ef/6a/e9/ef6ae973b1ec6958d24e9411f9d40a5b.jpg

Kali ini kami akan membahas bagaimana cara menyimpan daging, seafood dan ikan di dalam kulkas dan freezer, sehingga daging yang kita simpan tidak cepat busuk dan terhindar dari bakteri.

  1. Untuk daging ayam, setelah dipotong segera pisahkan antara daging dan jeroan, kemudian cuci bersih di bawah air mengalir. Pastikan tidak ada bulu ayam yang masih menempel. Setelah bersih tiriskan kemudian masukkan ke dalam wadah dan tutup rapat agar tidak tercampur dengan bahan lain. Daging ayam potong bertahan satu sampai dua hari dalam kulkas dan tahan sampai sembilan bulan dalam freezer.Untuk daging ayam yang telah dimasak hanya bertahan tiga hingga empat hari di kulkas, dan empat bulan jika disimpan dalam freezer.
  2. Berbeda dengan daging ayam, daging sapi sebaiknya tidak dicuci dulu sebelm disimpan karena akan mempengaruhi teksturnya setelah dimasak nanti yaitu terasa alot. Akan tetapi jika memang terlihat kotor sebaiknya dicuci dengan cara didihkan air dalam panci, setelah mendidih masukkan daging sapi sebentar kemudian angkat, tiriskan dan simpan dalam wadah. Hal ini akan membersihkan dan membunuh bakteri yang ada pada daging sapi. Daging sapi mentah dapat bertahan tiga sampai lima hari dalam kulkas. Untuk penyimpanan dalam freezer, ketahanannya bisa mencapai empat sampai enam bulan.  Untuk daging kambing memiliki daya tahan tiga sampai lima hari dalam kulkas. Jika ditempatkan dalam freezer, daging ini bisa bertahan sampai enam hingga sembilan bulan.
  3. Seafood seperti udang, cumi, kerang, dll sebaiknya langsung dimasak. Jika hendak disimpan, cuci bersih seafood kemudian masukkan ke dalam wadah tertutup. Jangan biarkan menyimpan seafood dalam wadah terbuka karena akan mengubah warna, tekstur dan rasa seafood tersebut. Seafood memiliki daya tahan 1-2 hari di dalam kulkas, tetapi jika di dalam frezeer bisa bertahan 3-6 bulan.
  4. Ikan sebaiknya tidak disimpan tetapi langsung dimasak, karena jika disimpan terlalu lama akan membuat tektur ikan menjadi lembek. Tetapi jika memang hendak menyimpannya maka cuci bersih ikan dari insang dan sisik, kemudian bilas dengan air mengalir sampai bersih, tiriskan, dan beri taburan garam. Berikan taburan bawang putih yang dicincang atau irisan jeruk nipis di atasnya kemudian simpan di dalam freezer. Disarankan janga menyimpan ikan lebih dari 3 hari.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *