Crumpets dengan scrambled egg dan smoked salmon

Crumpet

Aneka Kue & Roti, Appetizer, Recipes 0 Comments
Crumpets dengan scrambled egg dan smoked salmon
Crumpets dengan scrambled egg dan smoked salmon

Crumpets adalah sejenis kue pancake yang terbuat dari tepung dan ragi. Berbeda dengan pancake pada umumnya, crumpets memiliki tekstur kenyal dan berlubang-lubang seperti halnya roti martabak manis. Selain itu, ragi memberikan rasa yang khas dan tekstur yang mengembang. Saya pertama kali mengenal kue ini sewaktu saya sekolah di Melbourne. Kita bisa membeli kue ini di setiap supermarket disana. Cara penyajiannya pun mirip dengan pancake pada umumnya. Misalnya panas-panas diolesi dengan butter dan maple syrup, selai cokelat havelnut, krim keju, butter dan selai kaya dan bahkan disajikan asin seperti yang saya buat di foto kali ini. Kangen sekali dengan crumpet ini, biasanya saya tiap pagi menikmatinya. Yummmm….

Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi untuk roti dan mie
1 sdt gula pasir
7 gram (kurleb 2/3 pak) ragi instant
½ sdt soda kue
½ sdt garam halus
600 mL air hangat
Mentega tawar atau unsalted butter

Cara Membuat:
– Panaskan oven pada suhu 170oC (Anda bisa juga memasaknya di atas kompor).
– Siapkan loyang muffin dan olesi dengan butter (Biasanya 1 loyang muffin berisi 6 lubang. Siapkan 2 loyang untuk 12 crumpets).
– Dalam mangkuk besar, aduk rata semua bahan kecuali mentega. Aduk sebentar saja dan tidak perlu diuleni. Hanya hingga adonan tercampur rata.
– Sisihkan dan tutup dengan kain lap bersih selama 10-15 menit.
– Tuang adonan ke 12 loyang muffin sama rata.
– Panggang dalam oven selama 35 menit. Bila anda tidak punya oven, masak crumpet di atas kompor dan teflon seperti halnya kita memasak pancake. Lelehkan butter di atas teflon dan tuang adonan. Masak dengan api kecil hingga matang.
– Dinginkan sebentar dan sajikan.

Catatan: Pada gambar, saya menyajikan dengan scrambled egg dan smoked salmon. Bagaimana membuat scrambled egg? Untuk satu porsi gunakan sebutir telur dan 2 sdm susu. Kocok dengan sedikit garam dan di atas teflon lelehkan sedikit butter, masak telur dengan api sangat kecil hingga matang sambil terus diaduk. Anda bisa membuat variasi lain dengan telur mata sapi dan ham, ham dan keju, dan sebagainya. Kita juga bisa membuat variasi manis dengan cokelat, selai, butter dan susu kental manis atau seperti kita membuat topping martabak manis.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *