Manfaat Mengkudu

Tips 0 Comments

13417510_617465108402824_1229353118745922984_n

Buah mengkudu berbentuk lonjong berwarna kehijauan dengan bintik di permukaannya. Masyarakat umum menggunakan mengkudu sebagai bahan makanan, rujak maupun jus. Banyak yang kurang menyukai buah ini karena rasa dan aromanya padahal buah ini banyak mengandung zat dan nutrisinya yang berkhasiat untuk kesehatan antara lain :

1. Analgesik – Mengkudu memiliki julukan “The Tree For Headaches” or “The Painkiller Tree”. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkudu mengurangi rasa sakit dibandingkan dengan obat tramadol dan hidrokortison, sehingga efektif untuk rematik dan lainnya nyeri sendi.

2. Sistem kekebalan tubuh – Mengkudu mengaktifkan makrofag dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang kemudian menghasilkan lebih banyak limfosit. Mengkudu juga mengandung agen antibakteri yang melawan bakteri menular, termasuk Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

3. Antidepresi – Noni merangsang seratonin dan melatonin, dua hormon yang sangat penting. Seratonin mempengaruhi suasana hati, emosi, dan tidur. Ketidakseimbangan kadar serotonin dapat menyebabkan depresi. Melatonin mengatur ritme sirkadian, yang membantu Anda tidur, juga meningkatkan mood Anda.

4. Perlindungan Kulit dan Rambut – Mengkudu berguna untuk masalah kulit kepala, seperti eksimMengkudu juga dapat membuat rambut berkilau dan akan menjaga kulit Anda awet muda. Gosokkan jus mengkudu pada kulit kepala, biarkan selama 15 menit, bilas. Konsumsi jus mengkudu juga dapat membantu kuku Anda tumbuh lebih kuat.

5. Anti-tumor / anti-kanker – Noni merangsang produksi oksida nitrat. Nitrat oksida adalah zat yang sangat berguna, salah satu manfaat utama buah mengkudu. Dalam hal ini, mengurangi pertumbuhan tumor dan membantu tubuh melawan Anda terhadap replikasi kanker sel. Satu hal lagi yang penting adalah jumlah fitokimia pada mengkudu yang dapat melawan kanker.

6. Hipertensi – Mengkudu kaya akan fitonutrien, selenium, dan vitamin C, yang melawan kerusakan akibat radikal bebas pada dinding pembuluh darah; scopoletin, senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah. Mengkudu juga memiliki proxeronine, yang diperlukan bagi tubuh untuk menghasilkan xeronine. Xeronine membantu mengkoordinasikan sel untuk bekerja harmonis, menurunkan stres dan tekanan darah.

7. Kolesterol – Mengkudu juga dapat mencegah penyerapan kolesterol LDL, sehingga mengurangi plak di arteri, menjaga Anda sehat dan hidup lebih lama.

8. Memory – Mengkudu, seperti yang disebutkan sebelumnya, mencegah penyerapan kolesterol. Hal ini secara langsung membantu otak tetap sehat, dan menjaga dengan benar aliran oksigen dalam otak.

9. Sembelit – Mengkudu tinggi serat larut, yang membantu meringankan ketegangan pada usus dan melunakkan tinja. Juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga usus Anda sehat.

10. Antibakteri / antijamur / antivirus – Mengkudu memiliki sifat untuk melawan infeksi. Mengkudu mengandung antrakuinon, skopoletin, dan terpene, yang semuanya bekerja sama untuk melawan penyakit.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *