Pisang Goreng ala Cooking with Sheila

Aneka Kue & Roti, Recipes, Snack 0 Comments

13319959_612554278893907_9041703432171967441_n (1)

Masih seputar menu berbuka puasa, saya hari ini membuat pisang goreng. Pisang goreng kali ini agak berbeda dengan pisang goreng biasanya karena teksturnya seperti banana bread dan bentuknya mengembang saat digoreng seperti donut. Di dalam adonan gorengannya saya mencampurkan puree pisang dan juga potongan pisang. Jadi rasa pisangnya benar-benar terasa. Buat kalian yang suka banana bread tetapi tidak punya oven, kalian harus coba menu ini… Berbuka puasa dengan pisang goreng ala Cooking with Sheila yukkk.. Kalian bisa tambahkan maple syrup atau saus pancake dan ice cream juga loh…

Bahan:
6 buah pisang raja matang
1 sdt air jeruk lemon atau jerik nipis
2 butir telur
3 sdm susu putih
260 gram tepung terigu serba guna
2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam
1 sdt ekstrak vanilla atau 1/2 sdt vanili bubuk
Minyak goreng untuk menggoreng
Gula icing atau gula halus untuk taburan di atasnya

Cara Membuat:
– Kupas pisang dan hancurkan 3 pisang dengan garpu kemudian saring hingga tersisa ampas nya saja. 3 pisang sisanya potong kotak-kotak dadu.
– Campur rata puree pisang tadi dengan telur, air jeruk, susu dan vanilla. Sisihkan.
– Siapkan adonan kering dengan mencampur tepung terigu, baking powder, soda kue dan garam kemudian ayak.
– Masukkan potongan pisang ke dalam tepung dan aduk rata supaya pisang terlumuri dengan merata. Masukkan tepung ke adonan basah dan aduk perlahan hingga tercampur rata. Jangan campur secara berlebihan atau hingga halus sekali karena justru membuat teksturnya nanti kurang lembut dan soft. Adonan memang kental seperti mashed potatoes. Bila menurut kalian terlalu kering, kalian bisa tambahkan susu putih. Hati-hati jangan terlalu lembek adonannya karena nanti tidak bisa mengembang sempurna.
– Siapkan wajan penggorengan dan panaskan minyak dengan api sedang. Supaya mudah gunakan sendok ice cream dan goreng adonan hingga cokelat keemasan dan matang.
– Tiriskan dan taburi dengan gula halus saat masih panas.
– Sajikan panas bersama teh, kopi atau susu.

Untuk 12 buah pisang goreng

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *