Ice Cream Cake

Aneka Kue & Roti, Dessert, Recipes 0 Comments

13322004_610852425730759_1180074014947556380_n

Bagi yang sebentar lagi puasa dan pengen berbuka puasa dengan yang manis- manis… Yuk coba buat ice cream cake… Daripada beli, buat sendiri mudah banget lohhhh… Kita bisa membuat flavor apapun kesukaan kita. Hari ini saya membuat dua flavour, cookies and cream dan double chocolate ice cream. Anda bisa menggantinya dengan stroberi, kopi, green tea, dan kombinasi rasa lain kesukaan anda.

Bahan:
2 pak (@700 mL) ice cream rasa vanilla dan cokelat (Rasanya bisa diganti selera anda)
75 gram chocolate chips
2 pak (@137 gram) oreo
50 gram butter atau mentega tawar, lelehkan

Chocolate Sauce:
100 gram compound dark chocolate, cacah kasar
60 mL air panas
Optional: 1/2 sdt kopi bubuk
45 gram gula pasir
60 mL krim cair (whipped cream)

Topping:
50 gram oreo, cacah kasar
50 gram cokelat batang favorit anda, cacah kasar
50 gram kacang goreng madu (anak kecil biasa tidak suka kacang. Anda bisa menggantinya dengan topping lain atau menambah topping di atas menjadi @75 gram)

Cara membuat:
– Siapkan loyang bulat berdiameter 23-24 cm yang dasar dan dinding sekelilingnya bisa dibuka atau dipisahkan yah.. Kalau tidak nanti susah sekali mengeluarkan cake nya.
– Bagi oreo menjadi 100 gram dan 174 gram. Cacah kasar yang 100 gram dan cacahkan hingga benar-benar halus seperti pasir yang 174 gram. Sisihkan.
– Pertama buat dasar kue dengan mencampur rata 174 gram oreo bersama mentega yang sudah dilelehkan. Tuang adonan ini ke dalam loyang dan ratakan. Masukkan dalam freezer selama 10 menit.
– Lapisan pertama, saya membuat ice cream chocolate nya. Keluarkan 1 pak ice cream cokelat dari freezer dan diamkan sebentar hingga ice cream mudah diaduk. Tambahkan chocolate chips dan aduk rata. Tuang ice cream ini ke atas dasar oreo yang sudah didinginkan tadi. Ratakan dan kembali masukkan dalam freezer selama 1-2 jam hingga bagian atasnya beku.
– Buat lapisan berikutnya dengan, mengaduk ice cream vanilla bersama 100 gram oreo kemudian tuangkan ke atas ice cream cokelat tadi. Ratakan dan masukkan dalam freezer selama minimal 4-6 jam hingga benar-benar beku kembali.
– Untuk saus cokelat, campur rata semua bahan kecuali krim di dalam panci kecil dan masak di atas api kecil hingga leleh. Masukkan krim dan aduk cepat. Matikan api dan sisihkan.
– Setelah beku, cukup simple saja saya suka menuangkan sebagian saus cokelat yang sudah agak dingin ke atasnya dan saya taburi dengan campuran topping kesukaan saya yang sudah saya cacah kasar. Tetapi untuk acara special kita bisa juga menghiasnya seperti cake ulang tahun lainnya dengan whipped cream, cherry, cokelat shave dan sebagainya 😊

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *