Yuk Mengenal Manfaat Singkong

Health News 0 Comments

13312753_610365432446125_8970103679049228364_n

Singkong merupakan jenis umbi-umbian yang banyak diolah menjadi bahan makanan atau membuat kue. Rasanya yang enak dan harga yang terjangkau membuat singkong banyak digemari orang. Singkong kaya dengan vitamin B dan C, kalsium, karbohidrat dan mineral. Singkong merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin seperti thiamin, folat, riboflavin, vitamin B6 dan asam pantotenat. Singkong memiliki antinutrients yang dapat memiliki efek positif atau negatif pada kesehatan yang tergantung pada asupan jumlah. Berikut manfaat singkong lainnya :

1. Meningkatkan kesehatan kulit
Penelitian ini dilakukan menunjukkan bahwa asupan Vitamin C membantu untuk menurunkan munculnya keriput, kulit kering dan memperlambat proses penuaan. Vitamin C sangat penting untuk pembentukan ligamen, tendon, pembuluh darah dan kulit. Hal ini juga mempercepat proses penyembuhan luka. Bukti menunjukkan bahwa krim kulit dengan Vitamin C mengurangi kemerahan pada kulit, bekas luka dan keriput. Diet kaya antioksidan membantu untuk mencegah kanker kulit.

2. Membantu pengobatan kanker
Obat dengan efek melawan kanker yang digunakan dalam kemoterapi dapat didukung dengan asupan tinggi vitamin C. Para peneliti melaporkan bahwa Vitamin C adalah obat yang efektif untuk pengobatan paru-paru dan kanker ovarium.
3. Menghambat kerusakan dari radikal bebas
Vitamin C memiliki kemampuan untuk menghambat kerusakan yang disebabkan oleh polutan, bahan kimia beracun dan radikal bebas. Penumpukan radikal bebas mengarah ke penyakit kesehatan seperti penyakit jantung, kanker dan arthritis.
4. Mencegah osteoporosis
Kombinasi kalsium, mangan, tembaga dan seng membantu untuk mempertahankan kepadatan tulang. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan mangan dengan vitamin D, zinc, kalsium, tembaga, magnesium dan boron mendukung massa tulang yang membantu untuk mengobati osteoporosis.
5. Memulihkan gejala PMS
Konsumsi cukup mangan dengan kalsium membantu untuk memulihkan gejala PMS seperti nyeri otot, nyeri, perubahan suasana hati, kecemasan dan kesulitan dalam tidur. Penelitian ini menunjukkan bahwa wanita memiliki tingkat rendah mangan dalam darah, mereka mengalami gejala suasana hati terkait dan lebih sakit saat pra-menstruasi.
6. Kesehatan otak
Tembaga sangat penting untuk jalur otak seperti galaktosa dan dopamin yang membantu untuk mempertahankan fokus dan suasana hati. Kekurangan tembaga menyebabkan kelelahan, aktivitas metabolik, suasana hati yang buruk dan masalah konsentrasi.
7. Mengurangi arthritis
Tembaga memiliki kemampuan anti-inflamasi yang memberikan bantuan dari kekakuan dan nyeri yang terkait dengan arthritis. Ini memperkuat otot, memperbaiki jaringan ikat dan nyeri sendi yang lebih rendah. Para pasien arthritis mengenakan gelang tembaga dengan keyakinan bahwa hal itu dapat mengurangi gejala nyeri yang terkait dengan arthritis.
8. Meningkatkan imunitas
Vitamin B1 membantu untuk mempertahankan tonus otot di dinding saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang sehat membantu untuk menyerap nutrisi dari makanan yang digunakan untuk meningkatkan kekebalan dan mencegah dari penyakit.
9. Kesehatan mata
Penelitian menunjukkan bahwa Vitamin B1 membantu untuk menangkal masalah penglihatan seperti glaukoma dan katarak karena dapat mempengaruhi sinyal otot dan saraf yang sangat penting untuk menyampaikan informasi ke otak dari mata.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *