Khasiat Petai

Health News 0 Comments

13241196_609944649154870_5299194244614112646_n

Banyak yang tidak menyukai petai karena rasa dan baunya. Tetapi banyak juga yang begitu ketagihan mengonsumsi petai ini. Ternyata walaupun memiliki bau yang khas, petai juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh kita lho. Yuk lihat penjelasannya :

1. Membantu masalah sembelit
Serat pangan dikaitkan dengan menurunkan serum LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan metabolisme glukosa dan respon insulin, yang berarti bahwa mengonsumsi petai membantu Anda menangani masalah seperti sembelit. Menurut ilmuwan Singapura, hidangan tradisional yang populer disebut asam petai mengandung 131 kkal energi dan 8 gram serat makanan dalam porsi 154 gram.

2. Membantu mengontrol diabetes
Dalam praktik tradisional, petai mentah atau jus membantu dalam mengendalikan diabetes atau mereka yang menderita tekanan darah tinggi, yang bisa menjadi tindakan sinergis dari sterol seperti beta sitosterol dan stigmasterol.

3. Tinggi kalium
Setengah cangkir petai sarat dengan 224 mg kalium, yang memainkan peran penting dalam kontraksi otot dan transmisi syaraf. Hal ini juga menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Tidak heran banyak ahli gizi menyarankan olahragawan untuk mengonsumsi makanan kaya kalium.

4. Sumber asam lemak esensial yang mendukung kesehatan jantung
Menurut sebuah laporan oleh Dr K.W. Ng dari Lembaga Penelitian Medis, Kuala Lumpur, ia menyarankan mengonsumsi seperti petai, kacang panjang dan kacang Perancis bukannya ikan dan kacang-kacangan, karena mengandung proporsi yang baik dari asam lemak omega-3 dan omega-6 untuk hati yang sehat.

5. Kaya vitamin C
20 mg vitamin C dalam setengah cangkir petai cukup untuk memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan kita sehari-hari dari vitamin C, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh bagian tubuh Anda.

6. Kaya kalsium
Setengah cangkir porsi petai mengandung 75 mg kalsium yang penting untuk membangun tulang dan menjaga mereka agar tetap sehat, dan membantu pembekuan darah.

7. Kaya zat besi
Jumlah zat besi dalam petai di porsi yang sama adalah 2 mg. Zat besi penting karena membuat sel darah merah membawa oksigen.

8. Membantu mengurangi depresi
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh MIND (sebuah lembaga penelitian) pada orang yang mengalami gangguan depresi menemukan bahwa banyak dari orang-orang tersebut merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsi petai. Itu karena petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang mengubah tubuh menjadi serotonin yang membantu Anda untuk bersantai, meningkatkan suasana hati Anda dan biasanya membuat Anda merasa lebih nyaman.

9. Membantu untuk berhenti merokok
Apakah Anda berjuang untuk berhenti dari kebiasaan buruk Anda merokok, dan ingin alternatif yang lebih murah dan lebih alami? Konsumsilah petai! Vitamin B6 dan B12 yang terkandung dalam petai, bersama dengan kalium dan magnesium hadir di dalamnya, membantu tubuh Anda dalam mendapatkan lebih dari hasil akhir penarikan diri dari nikotin.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *