Manfaat Buah Jeruk

Health News 0 Comments

13265979_609546972527971_4035904898504036037_n

Siapa yang suka jeruk??? Anak kecil saja banyak yang menyukai buah ini. Rasanya yang manis dan kadang agak asem membuatnya segar untuk dikonsumsi. Jeruk dikenal kaya vitamin C. Tidak hanya itu saja, ada banyak lagi khasiat buah jeruk ini. Apa aja ya? Yuk kita simak di bawah ini :

1. Jeruk dan Diabetes
Karena vitamin C dan kadar serat larut, jeruk dan buah jeruk lainnya telah terdaftar sebagai buah super untuk diabetes.
2. Jeruk untuk Kanker
Konsumsi jeruk dan jus jeruk telah ditunjukkan dapat melindungi terhadap kanker. Selain itu, konsumsi buah-buahan dan sayuran tinggi vitamin C dikaitkan dengan rendahnya resiko kanker.
3. Jeruk untuk Kolesterol
Pektin dalam jeruk memiliki sifat untuk menurunkan kadar kolesterol. Hesperidin juga telah ditunjukkan untuk menurunkan kolesterol pada hewan.
4. Jeruk untuk menurunkan berat badan
Serat di lapisan putih jeruk dapat menekan rasa lapar selama 4 jam setelah dikonsumsi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah seperti jeruk memiliki kecenderungan untuk makan lebih sedikit saat makan berikutnya dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan ringan seperti keripik, kerupuk camilan, permen atau makanan penutup.
5. Jeruk untuk Batu Ginjal
Sitrat diperlukan untuk menghentikan dari pembentukan batu ginjal, dan penelitian telah menunjukkan bahwa jus jeruk meningkatkan kadar sitrat di urin.
6. Jeruk untuk tukak lambung
Makan jeruk atau minum segelas jus jeruk setiap hari dapat membantu mencegah ulkus lambung. Menurut penelitian, tingkat darah yang lebih tinggi dari vitamin C dapat mengurangi kejadian infeksi Helicobacter pylori sebanyak 25%. H. pylori adalah bakteri yang dapat menyebabkan tukak lambung.
7. Jeruk untuk Arthritis
Jeruk mengandung antioksidan yang dikenal sebagai β-cryptoxanthin dimana penelitian telah menunjukkan dapat memperlambat perkembangan rheumatoid. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa asupan rendah buah dan vitamin C berhubungan dengan peningkatan resiko poliartritis inflamasi.
8. Jeruk untuk kesehatan mata
Vitamin C yang ditemukan dalam jeruk sangat penting untuk kesehatan mata. Para ilmuwan melaporkan bahwa vitamin C dapat membantu memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia dan mengurangi resiko katarak.
9. Jeruk untuk Jantung Sehat
Jeruk merupakan sumber potasium yang baik, mineral yang penting untuk kesehatan jantung. Diet yang mengandung makanan yang merupakan sumber yang baik dari potassium dan rendah sodium dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan stroke. Jeruk merupakan sumber folat yang baik, yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Sebuah flavonoid penting dalam jeruk adalah hesperidin, yang telah terbukti menurunkan tekanan darah tinggi.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *