Baked Double Chocolate Tart

Aneka Kue & Roti, Dessert, Recipes 0 Comments

13100921_595658523916816_2189841566024714682_n

Halooo chocolate lover… Resep yang saya share hari ini khusus buat kalian pecinta cokelat. Bukan hanya filling atau isinya saja yang rasanya cokelat tetapi juga kulit luar tart ini pun chocolate. Selain itu, biasanya tart itu kulitnya terbuat dari short crust pastry yang teksturnya mirip biskuit. Tetapi saya menyadari membuatnya tidak mudah dan agak repot. Membuat adonan, digiling dan dipanggang setengah matang. Untuk menyiasatinya saya membuatnya jauh lebih simple dan mudah dengan menggunakan adonan dasar pada cheesecake. Yuk dicoba
Bahan:

Kulit:
250 gram biskuit gandum
180 gram chocolate chips
100 gram unsalted butter (mentega tawar),suhu ruangan. Tidak perlu dilelehkan.

Isian:
100 mL susu putih
280 ml whipping cream cair
40 gram gula pasir
175 gram dark compound chocolate, potong kotak
1 butir telur, kocok

Cara membuat:
– Siapkan 1 loyang pie ukuran diameter 23-24 cm atau 6-8 loyang pie kecil diameter 8-10 cm.
– Blender semua bahan kulit tart menjadi satu. Tuang ke dalam loyang. Tekan- tekan dan bentuk sesuai bentuk loyang. Simpan dalam freezer hingga nanti digunakan.
– Panaskan oven pada suhu 170oC.
– Panaskan susu, krim dan gula hingga hampir mendidih dan masukkan cokelat. Matikan apinya dan aduk hingga cokelat leleh. Bila masi ada sebagian cokelat yang tidak leleh, panaskan kembali dengab api kecil sebentar saja.
– Saring adonan cokelat ke dalam mangkuk besar dan dinginkan sebentar.
– Tambahkan telur ke adonan cokelat dan aduk rata. Sekali lagi, saring adonan supaya hasilnya nanti benar-benar lembut tidak ada gumpalan.
– Tuang adonan cokelat ke dalam loyang pie.
– Panggang dalam oven selama 30-40 menit untuk loyang besar atau 15-20 menit untuk loyang kecil.
– Adonan cokelat nantinya akan menjadi padat tp tetap soft. Bila digoyangkan agak sedikit mirip jelly dan bukan padat seperti kue yah 🙂
– Dinginkan sebentar dan sajikan bersama chantilly cream alias whipped cream yang dikocok bersama sedikit gula dan vanilla dan serutan cokelat.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *