Manfaat Mengonsumsi Makanan Organik

Health News 0 Comments

13266009_608765722606096_8636297571326228362_n

Secara umum, konsumen makanan organik, produsen, dan petani sangat percaya bahwa makanan organik memiliki manfaat dibandingkan dengan makanan non-organik. Meskipun ada banyak argumen terhadap banyak makanan organik yang mahal di pasaran, tidak dapat disangkal bahwa ada beberapa manfaat yang bisa dinikmati dari mengonsumsi makanan organik yaitu :

1. Kapasitas antioksidan
Sejumlah penelitian mengenai efek antioksidan berasal dari makanan organik pada kesehatan Anda secara keseluruhan, dan hasilnya dominan telah menunjukkan bahwa antioksidan cenderung lebih banyak pada makanan organik. Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa bahan kimia asing tidak berinteraksi negatif dengan vitamin, mineral, dan senyawa organik yang berbeda. Antioksidan yang ada pada buah dan sayuran berguna untuk menangkal kanker, penyakit jantung, penuaan dini, masalah penglihatan, dan kerusakan kognitif. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa memilih makanan organik dapat menyebabkan peningkatan asupan antioksidan dan mengurangi paparan logam berat beracun.
2. Pengurangan pestisida
Salah satu keluhan utama konsumen makanan organik ketika memilih organik dibandingkan non-organik adalah adanya kurangnya pestisida. Meskipun pestisida melakukan pekerjaan yang baik menjaga hama tertentu dari tanaman, tetapi juga terdiri dari bahan kimia kuat seperti organofosfat. Organofosfat telah terhubung ke sejumlah masalah perkembangan, termasuk autisme dan ADHD
3. Resistance antibiotik
Sumber makanan non-organik, khususnya ternak dan pakan rumah, kadang menggunakan antibiotik untuk memberi makan ternaknya. Dosis ekstra antibiotik ini sebenarnya bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh kita. Petani makanan organik dan peternak sapi perah tidak menggunakan antibiotik dalam proses mereka.
4. Kesehatan secara keseluruhan
Karena makanan organik tidak menggunakan pupuk kimia, tidak mengandung jejak bahan kimia yang kuat dan mungkin tidak mempengaruhi tubuh manusia dengan cara yang negatif. Petani organik biasanya menggunakan pupuk alami, seperti pupuk kandang.
5. Rasa yang lebih baik
Beberapa orang sangat percaya bahwa makanan organik rasanya lebih baik daripada makanan non-organik. Alasan utama untuk keyakinan ini adalah bahwa hal itu diproduksi menggunakan cara produksi organik. Selain itu, makanan organik sering dijual secara lokal, sehingga ketersediaan produk segar di pasar.
6. Keamanan lingkungan
Karena tidak menggunakan bahan kimia, maka meminimalisasi polusi tanah, udara dan air, sehingga memastikan dunia yang lebih aman dan sehat untuk hidup generasi mendatang.
7. Kesejahteraan hewan
Kesejahteraan hewan merupakan aspek penting memproduksi daging organik, unggas organik, dan ikan organik. Orang-orang pun merasa senang ketika mereka makan produk hewani organik karena itu artinya hewan tersebut tidak terbatas pada kehidupan yang dikurung dan tidak sejahtera, karena ternak organik dipelihara secara khusus dengan pakan khusus dan bebas residu.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *