Cara Mengurangi Resiko Kanker

Health News 0 Comments

13244742_607608666055135_2615650286030186107_n

Mendengar kata “kanker” membuat sebagian orang merasa takut. Berbagai cara dilakukan supaya jauh dari penyakit kanker tersebut. Salh satunya dengan pola hidup sehat, makan berimbang dan olahraga teratur. Ada 15 cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko terkena kanker, yuk lihat apa aja :

1. Biji-bijian dan gandum: Salah satu makanan anti- yang paling banyak direkomendasikan adalah biji-bijian dan gandum, karena tingginya kandungan serat dan antioksidan. Salah satu bentuk umum dari kanker adalah kanker kolorektal, dan biji-bijian secara langsung dapat mencegah perkembangan berbagai kanker jenis ini. Biji-bijian dan gandum memiliki kemampuan mencegah gula darah yang lebih rendah, daripada roti putih dan kentang.
2. Berolahraga teratur: Berolahraga secara teratur adalah cara yang bagus agar tubuh Anda dapat membersihkan racun, endorfin meningkat, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Semua hal ini penting untuk pencegahan kanker, karena tubuh Anda bagaikan mesin membutuhkan untuk diminyaki untuk melawan serangan konstan karsinogen dalam makanan kita, suasana, dan kebiasaan gaya hidup pribadi, seperti merokok dan minum.
3. Bawang putih: Bahan aktif yang paling terkenal dari bawang putih adalah allicin, yang telah secara langsung terkait dengan penurunan sel kanker, dan tampaknya untuk mengurangi penyebaran sel-sel kanker, bahkan mengurangi apoptosis (kematian sel otomatis). Allicin merupakan zat antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan kemungkinan terkena jenis kanker, termasuk kanker kerongkongan, usus besar, dan perut.
4. Buah Blueberry: Makan buah-buahan dan sayuran adalah cara mendasar untuk mencegah kanker, namun buah blueberry, khususnya, memiliki konsentrasi tinggi nutrisi antioksidan dan senyawa yang dapat mencegah kanker dari perkembangannya, seperti anthocyanin, tanin, dan flavonol. Beberapa buah terbaik untuk mencegah kanker adalah blueberry, yang sering disebut sebagai “makanan super”
5. Berhenti Merokok: Lebih dari 20% kematian akibat kanker terkait dengan merokok dalam beberapa cara, sehingga berhenti adalah salah satu hal pertama yang harus dilakukan jika Anda ingin mencegah timbulnya kanker di kemudian hari (atau mungkin lebih cepat). Rokok yang dikemas dengan racun berbahaya dan karsinogen dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker – dan bukan hanya kanker paru-paru. Lebih dari selusin kanker lainnya telah dikaitkan dengan merokok, bahkan kanker yang tidak berhubungan dengan sistem pernapasan.
6. Tomat: Lycopene adalah bahan aktif yang kuat di dalam tomat yang telah menunjukkan banyak kemampuan antioksidan. Terutama, likopen telah dikaitkan dengan pencegahan kanker prostat pada pria, yang merupakan kanker yang paling mematikan bagi pria di seluruh dunia. Penelitian tambahan ke dampak tomat pada kanker-kanker lainnya sedang berlangsung.
7. Green Tea: The catechin dan epicatechins yang ditemukan dalam teh hijau merupakan zat yang bagus untuk diet karena berbagai alasan kesehatan yang berbeda, tetapi dalam hal kanker, teh hijau merupakan obat pencegahan yang ideal. Senyawa-senyawa antioksidan telah terbukti secara langsung mengurangi ukuran tumor dan mencegah penyebaran sel-sel bermutasi, membantu menghentikan kanker sebelum pernah dimulai!
8. Kurangi Asupan Alkohol: Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, kompromi hati Anda, dan umumnya meningkatkan toksisitas dalam tubuh. Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa satu gelas sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan, konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kanker tenggorokan, hati, tenggorokan, dan kanker mulut, jadi berhati-hatilah berapa banyak Anda minum!
9. Bayam: Sayuran berdaun hijau selalu dipuji karena manfaat kesehatan mereka, yaitu karena isinya lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten, dan dalam hal kanker, senyawa antioksidan dapat membatasi pertumbuhan sel kanker, dan mempromosikan kesehatan secara keseluruhan dari tubuh.
10. Kunyit: Bahan aktif dari kunyit dan berbagai rempah-rempah populer, adalah curcumin, yang telah secara langsung terkait dengan apoptosis sel-sel kanker, yaitu dengan mencegah aliran darah dan nutrisi ke daerah yang terkena dalam tubuh. rempah-rempah ini memiliki efek pada banyak kondisi kesehatan, tetapi sering direkomendasikan untuk pencegahan pasif!
11. Menurunkan Berat Badan: Obesitas menempatkan kelebihan beban pada semua sistem tubuh, dan dapat menyebabkan kondisi kesehatan lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung. Ketika tubuh melemah, lebih mudah bagi radikal bebas menyerang. Oleh karena itu, kehilangan berat badan, atau setidaknya mencegah obesitas, tetap menjadi salah satu yang paling bijaksana dan paling efektif untuk mencegah kanker.
12. Kopi: Telah ada banyak perdebatan tentang manfaat atau bahaya kopi dalam beberapa tahun terakhir, tetapi tidak dapat disangkal bahwa kafein memang memiliki manfaat dalam memerangi kanker otak, tenggorokan, dan kanker mulut. Meminum dua cangkir kopi bisa menjadi pencegah kanker utama, asalkan Anda menjaga diri dari dehidrasi dan tidak menjadi terlalu tergantung pada kafein.
13. Jahe: Jahe memiliki sejumlah bahan aktif yang membuatnya sangat berguna dalam menjaga tubuh sehat, termasuk gingerol dan zingerone, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Ini dapat menetralisir radikal bebas sebelum mereka pernah dapat menyebabkan kerusakan tubuh Anda, sehingga melindungi terhadap berbagai macam kanker.
14. Mengurangi Stres: Hormon stres dapat membantu dalam beberapa situasi, tetapi sangat berbahaya jika mereka hadir dalam tubuh Anda untuk jangka waktu yang lama. Mereka dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, knalpot pikiran Anda, meningkatkan stres oksidatif, dan kompromi aktivitas metabolisme Anda. Dengan bersantai dan mengurangi kecemasan, Anda sangat dapat mencegah kesempatan Anda untuk terkena berbagai penyakit.
15. Oregano: Oregano dapat menetralkan karsinogen dalam tubuh, karena kehadiran carvacrol, bahan aktif dari ramuan ini. Penelitian telah mengaitkan oregano untuk penyebaran sel kanker yang lebih lambat dan mengurangi ukuran tumor.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *