Manfaat Wortel

Health News 0 Comments

13087670_607341816081820_7890996387609126363_n

Banyak orang dewasa ga suka makan wortel, terlebih anak-anak. Oleh karena itu perlu dibiasakan sejak dini untuk menyukai sayuran, dalam hal ini khususnya wortel yang tentunya dikenal bagus untuk kesehatan mata. Ada lagi lho manfaat lainnya, mau tau? yuk kita liat apa aja :

1. Meningkatkan daya penglihatan
Wortel kaya akan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan malam.
Beta-karoten juga telah ditunjukkan untuk melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak senilis. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi beta-karoten dalam jumlah besar memiliki resiko 40 persen lebih rendah dari degenerasi makula daripada mereka yang mengkonsumsi sedikit.

2. Membantu mencegah kanker
Penelitian telah menunjukkan wortel mengurangi resiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar.

Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber umum dari senyawa ini. Sebuah penelitian menunjukkan resiko kanker 1/3 lebih rendah pada tikus yang memakan wortel.

3. Memperlambat penuaan
Tingginya tingkat beta-karoten dalam wortel bertindak sebagai antioksidan untuk kerusakan sel dilakukan untuk tubuh melalui metabolisme biasa. Ini membantu memperlambat penuaan sel.

4. Meningkatkan kulit yang lebih sehat
Vitamin A dan antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Kekurangan vitamin A menyebabkan kekeringan pada kulit, rambut dan kuku. Vitamin A mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda dan warna kulit tidak merata.

5. Membantu mencegah infeksi
Wortel dikenal untuk mencegah infeksi. Wortel dapat digunakan pada luka dengan direbus dan dihaluskan.

6. Membuat kulit lebih sehat
Wortel digunakan sebagai masker wajah yang murah dan sangat nyaman. Hanya campuran wortel parut dengan sedikit madu.

7. Mencegah penyakit jantung
Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid berhubungan dengan rendahnya resiko penyakit jantung. Wortel tidak hanya mengandung beta-karoten, tetapi juga alpha-karoten dan lutein. Konsumsi secara teratur wortel juga mengurangi kadar kolesterol karena serat larut dalam wortel mengikat dengan asam empedu.

8. Membersihkan tubuh
Vitamin A membantu hati dalam membilas racun dari tubuh. Ini mengurangi empedu dan lemak di hati. Serat hadir dalam wortel membantu membersihkan usus besar dan mempercepat gerakan limbah.

9. Melindungi gigi dan gusi
Wortel membersihkan gigi dan mulut. Mereka mengikis plak dan partikel makanan seperti sikat gigi atau pasta gigi. Wortel merangsang gusi dan memicu banyak air liur, yang, menjadi alkali, menyeimbangkan keluar, bakteri pembentuk asam rongga pembentuk. Mineral dalam wortel mencegah kerusakan gigi.

10. Mencegah Stroke
Dari semua manfaat di atas itu tidak mengherankan bahwa dalam sebuah penelitian di Harvard University, orang yang mengonsumsi kurang lebih lima wortel dalam seminggu lebih kecil menderita stroke daripada mereka yang hanya mengonsumsi satu wortel sebulan atau kurang.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *