Pewarna Alami

Tips 0 Comments

 

13239425_607149726101029_5374369929674622059_n

Menggunakan pewarna alami untuk membuat kue atau masakan tentunya lebih sehat dibandingkan pewarna buatan. Beberapa warna alami yang bisa dibuat adalah warna merah, oranye, kuning, hijau, biru, merah muda, dan ungu. Yuk kita lihat dapat ditemukan di mana aja warna-warna ini:
Merah
Warna merah yang cantik dan terlihat alami bisa Anda ambil dari umbi bit yang merupakan sayuran bergizi tinggi. Warna merah dari umbi bit ini kuat, jika menempel di tangan tidak mudah hilang, selain itu warnanya juga cerah dan yang lebih penting lagi tidak mengubah cita rasa pada kue. Cara membuatnya cukup dengan bit metode jus atau direbus dengan air yang sangat sedikit. Sehingga warna merahnya pekat dan kuat. Selain itu juga bisa menggunakan angkak.


Oranye
Gunakan wortel sebagai warna oranye untuk kue Anda yang ingin terlihat cantik. Cara yang mudah dan efektif dengan metode jus, namun karena wortel memiliki rasa manis di dalamnya pilihlah kue yang tepat untuk warna oranye ini.


Kuning
Bahan makanan yang sering digunakan untuk warna kuning adalah kunyit. Tinggal diparut, lalu dicampur dengan parutan kelapa dan diperas bersama. Namun kunyit jika digunakan terlalu banyak membuat makananan jadi agak langu. Pilihan lainnya selain kunyit, bisa Anda gunakan labu kuning atau waluh, ketela warna kuning dan mangga yang rasa dan warnanya lebih ringan.


Hijau
Yang paling banyak digunakan untuk kue adalah bayam, zat hijau yang berasal dari zat klorofil membuat warnanya hijau menarik. Caranya cukup menghaluskan beberapa daun bayam, beri sedikit air dan diperas. Selain bayam, bisa Anda gunakan warna hijau dari campuran daun suji dan pandan. Ambil beberapa lembar daun suji dan pandan, lalu blender dengan sedikit air dan diperas. Selain warnanya cantik, wangi dari daun pandan juga bisa menguatkan selera untuk makan kue buatan Anda.


Biru
Kubis bisa jadi pilihan Anda untuk membuat kue Anda berwarna biru alami. Namun Anda perlu kesabaran untuk membuatnya, ya. Cara Pembuatan:
1. Siapkan panci besar yang telah diisi 6 gelas air.
2. Masukkan potongan kubis, tutup panci dan didihkan dengan api kecil selama 10 menit.
3. Saring potongan-potongan kubis yang selesai direbus.
4. Air rebus kol direbus kembali agar warnanya lebih pekat (kira-kira air tersisa ½ gelas saja)
5. Setelah lebih pekat, tuangkan air rebusan ke dalam mangkuk.
6. Awalnya memang berwarna ungu, oleh karena itu tambahkan baking soda sedikit demi sedikit sampai air berwarna biru.
Untuk Anda yang ingin membuat warna biru lebih kalem, misalnya untuk frosting, Anda cukup tambahkan pewarna alami berwarna biru ini sedikit saja.


Merah Muda

Jika warna merah muda dari bit kurang karena yang Anda butuhkan adalah warna pink, bisa Anda gunakan stroberi atau raspberry. Caranya haluskan buah ini dalam keadaan segar atau beku, saring menggunakan stroberi atau raspberry. Caranya haluskan buah ini dalam keadaan segar atau beku, saring menggunakan saringan halus. Panaskan hasil saringan di atas api agar warnanya lebih kuat. Selain warna yang cantik, dari dua buah ini Anda akan mendapatkan rasa dan aroma buah jika Anda gunakan sebagai frosting. Jadi tidak hanya cantik, namun enak dan wangi.


Ungu

Kembang sepatu adalah bunga yang sering digunakan untuk pewarna makanan, manfaat bagi kesehatannya pun banyak, misalnya meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh. Caranya pun mudah, ambil beberapa bunga sepatu, haluskan, beri sedikit air dan peras.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *