Caramelised Onion and Spinach Tart

Aneka Kue & Roti, Recipes, Snack 0 Comments

13226926_605238519625483_2380532792910476740_n

Kebetulan saya sedang panen bayam dari kebun hidroponik saya. Saya petik saat masih segar dan langsung saya masak menjadi tart ini. Walau isinya sederhana, hanya dengan bahan bawang dan bayam tapi rasanya wow loh. Apalagi bayamnya sangat fresh dari kebun langsung dimasak.. Menu ini cocok untuk menemani minggu ini sambil mengobrol dengan teman anda di rumah…

Bahan:
250 gram daun bayam (sudah dipetik yah), cuci bersih
1 sdt unsalted butter atau mentega tawar
1 sdt minyak goreng
2-3 buah bawang bombay, iris tipis
2 siung bawang putih, cacah halus
1/4 sdt daun thyme
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica hitam
1 sdm gula pasir
1 sdt balsamic vinegar
375 gram (1/2 pak) puff pastry
1 butir telur, kocok
Keju cheddar atau parmesan atau mozarella, parut.

Cara membuat:
– Masak bayam tanpa minyak dan air dalam panci dan tutup. Masak hingga bayam layu. Tiriskan. Saat sudah agak dingin, peras untuk membuang airnya dan potong- potong. Sisihkan.
– Panaskan minyak goreng dan butter di atas teflon dan masukkan bawang bombay. Bumbuhi dengan 1/2 sdt garam dan masak dengan api kecil. Aduk sesekali hingga bawang bombay bukan hanya layu tetapi warna berubah menjadi kecokelatan. Butuh waktu agak lama yah 🙂
– Masukkan bawang putih, merica, daun thyme dan gula. Masak kembali selama 5 menit. Terakhir tambahkan cuka dan aduk rata.
– Tambahkan kembali bayam ke dalam caramelized onion dan aduk rata. Rasakan dan bumbuhi garam atau merica bila kurang. Sisihkan.
– Siapkan puff pastry. Keluarkan puff pastry dari freezer dan diamkan pada suhu ruangan selama kurleb 10 menit. Supaya puff tidak kaku dan beku saja.
– Letakkan puff pastry di atas pinggan pemanggang dan tusuk- tusuk bagian tengah pastry dengan garpu yang nantinya akan diisi dengan adonan sayuran. Hal ini disebut dengan istilah docking. Olesi bagian sekeliling luarnya dengan telur.
– Isi bagian tengah pastry dengan adonan sayuran. Ratakan. Taburi dengan keju sebanyak anda suka.
– Panggang dalam oven 190o C selama 25-30 menit hingga pastry cokelat keemasan dan crispy.
– Potong- potong kotak dan sajikan panas.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *