Cara Memperbaiki Kualitas Tidur

Health News 0 Comments

13226787_605171159632219_7728543483592144464_n

Bagaimana tidur anda malam tadi? Apakah nyenyak atau terganggu? Berikut adalah cara untuk memperbaiki kualitas tidur anda, dan selamat menikmati hari Minggu yaaa :

1. Hindari Melihat Layar Televisi/Gadget/Komputer Larut Malam: Dalam dunia teknologi hari ini, tampaknya tidak mungkin untuk menjauhkan gadget dari tangan kita. Namun, bermain di smartphone atau tablet, bekerja pada komputer, atau menonton televisi larut malam membuat otak kita dirangsang dan aktif, sehingga sulit bagi kita untuk pergi tidur. Juga, pikiran kita ditempati oleh pikiran pekerjaan, update sosial media, dan plot drama televisi favorit, semua yang menjaga pikiran kita dari keinginan untuk tidur.
2. Kamar Tidur Anda adalah untuk tidur: Jika Anda biasakan melakukan hal-hal lain di tempat tidur, seperti makan, belajar, membaca, maka tubuh Anda tidak akan mengasosiasikan kamar tidur dengan tidur. Sebuah ruangan gelap dengan tempat tidur yang nyaman harus menginduksi tidur, tetapi jika kita terus-menerus di kamar tidur, menjadi sulit bagi kita untuk tidur nyenyak, karena kita setengah berharap untuk mulai melakukan sesuatu yang lain setiap saat.
3. Selalu konsisten pada pilihan tidur Anda: Meskipun beberapa orang dapat hidup secara normal dengan jadwal tidur yang non-reguler, namun kuncinya tetap pola tidur. Mengingat perubahan jadwal tidur yang tidak teratur akan mempengaruhi kenyamanan kerja kita. Hal ini dapat membuat tubuh sulit mendapatkan posisi yang nyaman. Cobalah untuk pergi tidur pada waktu yang sama dan teratur, jika mungkin.
4. Hindari bahan kimia: Kita sering mengandalkan kopi untuk membangunkan kita di pagi hari, dan mungkin mendorong kita melewati hari. minuman energi dan suplemen juga menjadi sangat populer untuk menolong kita dari setiap tetes energi, tapi jika tidur kurang tetap akan berbahaya. Kita mungkin perlu bangun pada waktu yang sama hari berikutnya, tapi bahan kimia seperti kopi dan minuman energi akan membuat kita tetap terjaga. Mengurangi kopi dan minuman energi akan membuat pola tidur kita teratur kembali.
5. Latihan dan olahraga teratur: Tubuh yang kecapekan akan membuat tubuh kita sulit tidur. Jika Anda rutin berolahraga di pagi atau sore hari, tubuh Anda akan siap untuk dan perlu tidur nyenyak di malam hari. Olahraga larut malam akan membuat efek tubuh tetap terjaga dan tidak tidur dengan nyenyak.
6. Jauhkan Alarm Anda: Mendengarkan suara alarm dapat sangat mengganggu pola tidur dan memulai hari dengan cara yang tidak nyaman. Memiliki alarm memang baik untuk melatih diri sehingga bisa bangun tepat waktu, namun lebih baik jika latihan sudah diperoleh lebih baik tidak lagi menggunakan alarm. Akhirnya, tubuh Anda bahkan mungkin melatih diri untuk bangun beberapa menit sebelum waktu yang ditetapkan alarm, yang merupakan cara yang paling damai dan alami untuk bangun!
7. Meditasi dan Visualisasi: Jika Anda menderita masalah tidur, beberapa pengobatan alternatif yang dapat dilakukan yaitu meditasi dan visualisasi. Meditasi membantu menenangkan pikiran dan membersihkan pikiran yang mengganggu, sementara visualisasi dapat menjadi alat yang ampuh di tempat tidur ketika pikiran Anda kemana-mana.
8. Tidur sianglah jika dibutuhkan: Tidur siang sangat bermanfaat bagi anda yang memang membutuhkan tidur 8 jam sehari.
9. Hindari alkohol dan rokok: Sifat menenangkan dari rokok mungkin tampak ideal sebelum Anda menutup mata Anda, tetapi rokok dan nikotin adalah stimulan, sehingga akan sulit bagi Anda untuk mempersiapkan tidur malam.
10. Pilihan Menu Makan Malam: Konsumsi makanan besar larut malam sebaiknya dikurangi. Makanan tinggi magnesium dan nutrisi penting lainnya (seperti trytophan) dapat menyebabkan pelepasan neurotransmitter yang mengirimkan sinyal untuk langsung tidur. Coba tambahkan keju, buah, yoghurt, susu, atau cracker untuk menu makan malam Anda.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *