Manfaat Jagung Manis yang Perlu Diketahui

Health News 0 Comments

13220989_603817169767618_6469260068797667554_n

Jagung manis merupakan bahan makanan yang cukup digemari. Sebagai campuran sayuran, dibuat perkedel, bahkan dijadikan jagung rebus pun enak banget hehehe…Berikut manfaat jagung manis yang mungkin belum banyak kita ketahui :

1. Baik untuk Pencernaan: Jagung merupakan sumber serat yang baik. Konsumsi jagung dapat membantu meringankan masalah umum pencernaan seperti sembelit dan wasir.
2. Menurunkan Resiko Kanker: Jagung mengandung fitonutrien dalam bentuk fenolat terikat yang berhubungan dengan penurunan resiko kanker usus besar dan kanker pencernaan lainnya. Juga pati resisten ditemukan dalam jagung mempromosikan butirat, asam lemak rantai pendek yang ditemukan dalam usus besar yang dapat membantu melawan kanker usus besar. Beta-cryptoxanthin, sebuah karotenoid oranye-merah memiliki sifat antioksidan yang terkait signifikan dengan penurunan resiko kanker paru-paru. Juga ferulic acid, senyawa fenolik yang ditemukan dalam jagung efektif terhadap tumor hati dan payudara.
3. Kesehatan Jantung: Jagung adalah biji-bijian yang tinggi asam folat, jenis vitamin B yang dikenal untuk mengurangi homocysteine, sebuah penanda inflamasi yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Diet tinggi folat dapat secara signifikan mengurangi resiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.
4. Mengontrol Kolesterol: Jagung manis mengandung vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid yang membantu dalam mengendalikan kadar kolesterol. Konsumsi jagung manis dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh, menurut Journal of Nutritional Biochemistry.
5. Mencegah Anemia: Asam folat dan beberapa vitamin B hadir dalam jagung manis mampu mencegah anemia. Selain itu, orang yang menderita anemia dan mengonsumsi rutin jagung manis telah menunjukkan tanda-tanda positif.
6. Mengontrol Diabetes dan Hipertensi: Konsumsi jagung membantu dalam pengelolaan non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM). Juga tepung jagung, produk yang dibuat dari jagung ditunjukkan untuk meningkatkan metabolisme glukosa pada wanita normal dan kelebihan berat badan. Fitokimia fenolik yng ada pada jagung efektif pada penderita hipertensi.
7. Mata Sehat: Jagung merupakan sumber yang kaya beta-karoten, yang membentuk vitamin A dalam tubuh dan dikenal penting untuk menjaga penglihatan yang baik. Juga, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam jagung telah dikaitkan dengan penurunan resiko degenerasi makula dan pengembangan katarak.
8. Peningkatan Fungsi Otak dan Energi: Jagung merupakan sumber yang sangat baik dari tiamin, nutrisi yang membantu dalam fungsi otak yang memungkinkan seseorang untuk mengeksekusi tugas kognitif. Tiamin juga membantu mensintesis acetylocholine, sebuah neurotransmitter yang membantu menguatkan memori, menunda timbulnya penyakit Alzheimer dan pengembangan kepikunan terkait usia. Selain itu, tiamin (vitamin B1) dan asam pantotenat membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, sehingga membuat jagung merupakan pilihan populer bagi orang-orang dengan kehidupan yang serba cepat dan stres.
9. Menjaga Kulit Tetap Muda: Jagung kaya akan antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas dan menjaga kulit sehat. Pati jagung dapat digunakan untuk meringankan iritasi kulit dan ruam.
10. Baik untuk Ibu Hamil: Defisiensi asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi, oleh sebab itu wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi jagung untuk mendapatkan sumber asam folatnya.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *