Mie Kuah Ala Vietnam

Main, Nasi - Mie - Pasta, Recipes 0 Comments

13119087_602344413248227_3175996241045780516_n

Sahabat cookingwithsheila.com pernahkan mendengar atau makan Mie kuah ala Vietnam dengan irisan tipis daging sapi? Isinya sangat simple yaitu mie seperti kuew tiaw, kuah kaldu sapi yang kental, daging sapi dan sayuran seperti kecambah. Yang membuat unik adalah daging sapinya diiris begitu tipis dan diletakkan mentah di atas mie. Walau mentah, saat kita menuang kuah yang mendidih, dagingnya akan masak dengan sendirinya. Biasanya sayur-sayuran seperti kecambah akan disajikan terpisah dan kita bisa memasukkannya ke dalam mangkuk kita sebanyak yang kita mau. Bagi yang suka masakan pedas, anda bisa menambahkan irisan cabe merah ke dalamnya. Untuk kuahnya, dibuat dari buntut sapi dan daging sapi yang direbus sangat lama bersama beberapa rempah. Jadi kuahnya murni kaldu sapi dan pastinya sehat.

Bahan:

500 g mie (seperti kie tiaw)
500 gram buntut sapi
500 gram daging sengkel atau daging gandik atau bisa dicampur keduanya
200 g daging sapi has dalam atau daging sukiyaki, iris setipis mungkin
4 batang daun ketumbar, petik daunnya
1 batang daun bawang, iris tipis

Bahan pelengkap:
300 g kecambah, petik
½ ikat daun kemangi, petik daunnya
5 cabe rawit, iris tipis
1 lemon, potong
Saus hoisin

Kaldu:
4-5 L air
4 cm jahe, memarkan
Optional: 2 cabe kering atau cabe rawit
1 batang kayu manis
4 buah bunga lawang
3 buah cengkeh
1 buah bawang bombay utuh dan jangan dikupas kulitnya, belah dua
1 buah lobak putih ukuran kecil, kupas dan potong menjadi 2 atau 3
1 sdm garam
100 mL kecap ikan
80 garm gula batu

Cara Membuat:

– Masukkan 2 L air bersama buntut sapi dan daging sengkel atau gandik. Didihkan. Setelah mendidih, buang airnya. Tujuannya adalah untuk menghilangkan darah pada daging sehingga kaldunya nantinya bersih dan jernih.
– Dalam panci bersihkan masukkan kembali daging bersama 4-5 L air. Masukkan jahe, cabe kering, kayu manis, bunga lawang, cengkeh, bawang bombay dan lobak. Didihkan kemudian kecilkan apinya dan masak selama 2 jam. Tambahkan air bila perlu. Bila keluar kotoran di atas seperti busa, buang saja.

– Bumbuhi dengan gula batu, garam dan kecap ikan. Masak kembali hingga daging benar-benar empuk.
– Bila mau langsung disantap, keluarkan dagingnya dan dinginkan sebentar. Setelah agak dingin, iris tipis dan sisihkan. Bila mau disantap keesokan harinya, saya menyimpannya dalam lemari es. Paginya saya membuang lemak yang menggumpal di atas kaldu. Saya mengambil daging dan mengirisnya. Saya saring kaldunya dan menuang kaldu dalam panci bersih.
– Untuk menyajikan, rebus air untuk merebus mie bila anda menggunakan mie kering atau susun kwetiaw basah di atas mangkuk.
– Di atas mie, tambah irisan tipis daging has dalam atau sukiyaki bersama dengan irisan daging yang tadinya direbus bersama kaldu.
– Didihkan kuah dan tuang ke atas mie dan daging. Pastikan mendidih supaya daging menjadi matang sewaktu kuah dituang.
– Taburi dengan daun ketumbar, daun bawang dan sajikan bersama kecambah, daun kemangi, irisan lemon, irisan cabai dan saus hoisin.

Note: Bila anda tidak terbiasa dengan cara menuang kuah panas ke atas daging mentah anda bisa memasak daging seperti anda memasak sukiyaki atau shabu-shabu. Cara memasak daging sukiyaki yang tepat adalah dengan cara mencelupkannya satu per satu ke dalam kuah kaldu dan tiriskan. Dengan cara ini dagingnya akan terasa lebih gurih dan tidak menjadi kering. Bila anda suka bakso, anda juga bisa menambahkan bakso ke dalam kuah kaldu.

Untuk 4-6 porsi

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *