Manfaat Sehat Kecambah

Health News 0 Comments

13177430_601330313349637_1247178576502897019_n

Taoge atau yang biasa dikenal dengan kecambah merupakan bahan makanan yang digolongkan sebagai sayur-sayuran. Kecambah ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh. Tidak hanya sebagai sumber vitamin E, tetapi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mau tau lebih lanjut yuk simak penjelasannya di bawah ini 🙂

1. Mencegah Anemia: kecambah kaya akan zat besi, yang memainkan peran penting dalam sintesis hemoglobin, protein yang ditemukan dalam sel-sel darah merah. Kecambah juga sangat tinggi vitamin C, yang meningkatkan penyerapan zat besi dari usus, sehingga membantu mencegah atau mengobati anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.
2. Kesehatan Jantung: Bila dikaitkan dengan rendahnya asupan lemak jenuh (ditemukan dalam daging, unggas dan produk susu), konsumsi secara teratur kecambah dapat membantu mengurangi kadar LDL-kolesterol karena isinya serat dan lesitin. Efek ini bermanfaat bagi jantung dan pembuluh, karena membantu mencegah perkembangan aterosklerosis, penyebab paling umum dari penyakit kardiovaskular.
3. Mengatasi Sembelit: Karena kandungan serat yang tinggi, kecambah dapat membantu meningkatkan motilitas usus dan mengurangi tanda-tanda sembelit.
4. Menutrisi Rambut dan Kuku: kerapuhan pada rambut dan kuku sering dikaitkan dengan kekurangan gizi tertentu, khususnya protein, vitamin dan seng. Kecambah mengandung semua nutrisi itu, dan karenanya mereka sangat membantu dalam mencegah dan mengobati masalah rambut dan kuku.
5. Menjaga Kesehatan Hati: Kecembah merupakan sumber yang sangat baik dari lesitin, yang sifatnya menurunkan kadar kolesterol darah, membantu mengurangi lemak hati, sehingga mencegah perlemakan hati, kondisi liver umum yang dapat mengakibatkan disfungsi hati.
6. Menunda Menopause: Kecembah kaya phytoestrogen. Itulah sebabnya kecambah dapat membantu meringankan banyak gejala yang berhubungan dengan menopause (seperti jantung berdebar-debar), yang merupakan hasil dari kadar estrogen menurun. Fitoestrogen ditemukan dalam kecambah juga efektif dalam menangkal osteoporosis terkait menopause.
7. Sebagai Anti Penuaan Dini: Telah menunjukkan bahwa phytoestrogen yang ditemukan dalam kecambah dapat merangsang sintesis asam hyaluronic, kolagen dan elastin, yang merupakan komponen penting dari struktur kulit. Oleh karena itu, konsumsi secara teratur kecambah dapat membantu mencegah banyak perubahan kulit yang berkaitan dengan usia, termasuk elastisitas dan hilangnya kelembaban.
8. Mengatasi Stres dan Kelelahan: Kecambah merupakan sumber energi dan nutrisi yang sangat bermanfaat dalam memerangi tanda-tanda dan gejala stres mental dan fisik serta kelelahan.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *