Manfaat Kacang Merah

Health News 0 Comments

13151955_600984846717517_5135642243049965376_n

Di tempat makan atau di restoran kadang ada yang menyajikan menu sup kacang merah. Sudah pernahkan kalian mencobanya? Setelah membaca artikel ini kapan-kapan cobalah untuk mengonsumsinya karena cukup banyak manfaat yang kita dapatkan lho, antara lain :

1. Kacang merah merupakan sumber dari protein.
Satu mangkuk kacang merah mengandung 16 gram protein, menjadikannya sebagai sumber protein yang sangat baik untuk vegetarian. Kacang merah mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan untuk membangun otot.
2. Kacang merah akan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.
Kacang merah merupakan sumber serat. Satu porsi kacang merah mengandung 16 gram serat makanan. Asupan serat harian yang direkomendasikan diet masing-masing untuk pria 38 gram dan wanita 25 gram. Serat dapat membantu mencegah sembelit, membuat gerakan usus seseorang lebih mudah untuk dikontrol.
3. Kacang merah dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat.
Kacang merah memiliki kandungan yang sangat tinggi kalium dan kandungan rendah natrium. Satu mangkuk kacang merah mengandung 742 miligram kalium.
4. Kacang merah membantu untuk wanita hamil dan janinnya.
Kacang merah merupakan sumber yang baik dari vitamin B, seperti asam folat. Satu mangkuk kacang merah mengandung 33 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk asam folat. Folat dapat membantu dalam pembentukan tabung saraf dan pembentukan sel darah merah pada bayi prenatal. Kekurangan asam folat pada wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran bayi dengan berat badan dan juga dapat mengakibatkan cacat tabung saraf pada bayi baru lahir.
5. Kacang merah dapat membantu detoksifikasi.
Sulfit adalah senyawa asam yang ditemukan dalam anggur, buah-buahan kering, dan beberapa sayuran, yang dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit kepala dan disorientasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa kacang merah sangat tinggi dalam molibdenum, mineral langka yang tidak sering ditemukan dalam makanan. Mineral ini melawan efek samping.
6. Kacang merah juga dapat meningkatkan sistem saraf.
Molybdenum juga membantu dalam produksi energi sel dan perkembangan sistem saraf. Kacang merah juga menyediakan asam amino, vitamin, dan mineral yang diperlukan otak. Beberapa vitamin, termasuk asam folat, memainkan peran penting dalam sistem saraf. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan jumlah folat dapat meningkatkan kadar homosistein, yang dapat menjadi pelopor berbahaya untuk penyakit neurodegenerative seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.
7. Kacang merah dapat membantu pembentukan sel darah merah.
Tembaga dan besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah baru. Satu mangkuk kacang merah mengandung 26 persen dan 29 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk besi dan tembaga. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *