Khasiat Kunyit

Health News 0 Comments

13138837_600810203401648_7586912284875144993_n

Selain digunakan sebagai bumbu dapur ternyata kunyit juga baik untuk kesehatan lho..Berikut 8 manfaat kesehatan dari kunyit.

1. Mencegah Kanker
Kunyit dapat membantu mencegah kanker prostat, menghentikan pertumbuhan kanker prostat yang ada dan bahkan menghancurkan sel-sel kanker. Beberapa peneliti telah menemukan bahwa komponen aktif dalam kunyit menjadikannya salah satu pelindung terbaik terhadap tumor akibat radiasi. Hal ini juga memiliki efek pencegahan terhadap sel tumor seperti leukemia T-cell, karsinoma usus besar dan karsinoma payudara.
2.Menyembuhkan Arthritis
Sifat anti-inflamasi dalam kunyit berguna untuk mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Selain itu, kunyit memiliki zat antioksidan menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang merusak sel-sel tubuh. Telah ditemukan bahwa mereka yang menderita rheumatoid arthritis dan mengonsumsi kunyit secara teratur dapat memperingan rasa nyeri sendi serta peradangan sendi.
3. Mengontrol Diabetes
Kunyit dapat digunakan dalam pengobatan diabetes dengan meningkatkan insulin. Hal ini juga meningkatkan kontrol glukosa dan meningkatkan efek dari obat yang digunakan untuk mengobati diabetes. Manfaat lain yang signifikan adalah efektivitas kunyit dalam membantu mengurangi resistensi insulin, yang dapat mencegah timbulnya diabetes tipe-2. Namun, bila dikombinasikan dengan obat, kunyit dapat menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah). Cara terbaik adalah berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi kunyit.
4. Mengurangi Kolesterol
Penelitian telah membuktikan bahwa hanya menggunakan kunyit sebagai bumbu makanan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Merupakan fakta bahwa kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius lainnya. Mempertahankan tingkat kolesterol yang tepat dapat mencegah banyak penyakit kardiovaskular.
5. Meningkatkan imunitas
Kunyit mengandung zat yang dikenal sebagai lipopolisakarida, yang membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Antibakteri, antivirus dan agen antijamur juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebuah sistem kekebalan yang kuat mengurangi kemungkinan menderita pilek, flu dan batuk. Jika terkena demam, batuk atau flu, dapat sembuh lebih cepat dengan mencampur satu sendok teh bubuk kunyit dalam segelas susu hangat dan minum sekali sehari.
6. Menyembuhkan Luka
Kunyit adalah agen antiseptik dan antibakteri alami dan dapat digunakan sebagai desinfektan yang efektif. Jika memiliki luka bakar, dapat ditaburi bubuk kunyit pada daerah yang terkena untuk mempercepat proses penyembuhan. Kunyit juga membantu memperbaiki kerusakan kulit dan dapat digunakan untuk mengobati psoriasis dan kondisi kulit inflamasi lainnya.
7. Menurukan berat badan
Bubuk kunyit dapat membantu dalam menjaga berat badan ideal. Kunyit membantu meningkatkan aliran empedu, komponen penting dalam pemecahan lemak makanan. Mereka yang ingin menurunkan berat badan atau mengobati obesitas dan penyakit terkait lainnya bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki satu sendok teh bubuk kunyit setiap kali makan.
8. Mencegah Penyakit Alzheimer
Radang otak diduga menjadi salah satu penyebab utama gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer. Kunyit mendukung kesehatan otak secara keseluruhan dengan membantu dalam penghapusan plak di otak dan meningkatkan aliran oksigen. Ini juga dapat mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *