Manfaat Terong

Health News 0 Comments
13124482_600097786806223_6502224825889621254_n
Terong beragam jenisnya, yaitu ada terong ungu, terong belanda, terong bulat dan berbagai jenis lain.Terong adalah sayuran dengan harga yang relatif murah. Murah tidak berarti tidak bagus, tapi ternyata terong memiliki manfaat yang baik jika dikonsumsi yaitu :

1. Melawan Kanker
Sebuah senyawa yang disebut asam chlorogenic yang ditemukan pada terong memiliki aktivitas anti-mutagenik, yang berarti dapat mencegah mutasi sel normal menjadi sel kanker. Kulit terong juga mengandung phytonutrient yang disebut nasunin, yang mencegah angiogenesis pada sel kanker, menghambat pertumbuhan sel kanker.
2. Melindungi dan Memelihara Sel Otak
Fitonutrien yang terdapat pada kulit terong, yaitu nasunin, mengandung sifat antioksidan yang kuat dan menangkal serangan radikal bebas, dan melindungi lipid (lemak) dalam membran sel otak dari kerusakan oksidatif.
3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
1 buah terong mengandung lebih dari 16 gram serat. Diet tinggi serat tidak hanya akan membantu mencegah kanker, tetapi mengatur gerakan usus dan mengurangi sembelit, wasir dan radang usus.
4. Cocok untuk Penderita Diabetes tipe 2 dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Serat yang tinggi dan rendah kandungan karbohidrat larut menjadikan terong makanan yang tepat bagi mereka yang memiliki gula darah tinggi. Terong juga mengandung senyawa angiotensin converting enzyme (ACE). Obat tekanan darah populer seperti captopril, lisinopril dan ramipril memiliki kandungan enzim yang sama pada terong, bahkan tanpa efek saming seperti pada penggunaan obat-obatan.
5. Membantu Meningkatkan Kualitas Kulit
Tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, terong juga mengandung zat yang penting untuk kulit yaitu mengandung sejumlah fitonutrien dan antioksidan yang menetralisir radikal bebas dan menjaga kulit tampak muda dan membantu dalam pencegahan garis-garis halus dan kerutan.
6. Membantu Mengelola Tingkat Kolesterol
Penelitian telah dilakukan menunjukkan bahwa terong dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah (kolesterol di dinding arteri, dan di aortas), sementara meningkatkan aliran darah pada waktu yang sama (dinding pembuluh darah rileks). Efek ini dikaitkan dengan beberapa fitonutrien yang ditemukan di terong, seperti nasunin. Pembentukan radikal bebas juga berkurang oleh nasunin, membantu melindungi kolesterol darah dari peroksidasi.
7. Membantu Menjaga Tulang agar Kuat
Terong merupakan sumber vitamin K dan tembaga, dua nutrisi yang penting dalam kesehatan tulang. Asupan kekurangan tembaga, dapat beresiko mengalami osteoporosis di kemudian hari. Hal ini terutama karena bantuan tembaga dalam pembentukan kolagen untuk jaringan ikat dan tulang, dan berkontribusi terhadap kekuatan fibril kolagen tulang. Vitamin K juga membantu kepadatan mineral tulang pada penderita osteoporosis, dan mengurangi resiko patah tulang.
8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Meskipun tidak terlalu tinggi vitamin C, terong mengandung sejumlah fitonutrien dan antioksidan yang berperan sebagai anti-mikroba dan anti-virus. Warna ungu pada terong mengandung antioksidan yang dapat melawan virus dan bakteri. Sebaiknya mengonsumsi terong beserta dengan kulitnya. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan, membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh sekaligus mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *