Manfaat Sayur Bayam

Health News 0 Comments
13103550_599383156877686_6230307055363367128_n
Popeye the Sailor Man… Popeye the Sailor Man…Jika mendengar lagu itu kita pasti ingat bayam kesukaaan si Popeye…Ternyata ga salah Popeye makan bayam maka kekuatannya muncul hehehe… Karena selain makanan untuk nutrisi otak, bayam juga memiliki banyak manfaat lain yaitu :

1. Membantu Menurunkan Berat Badan
Satu mangkuk bayam memiliki hampir 20% dari RDA serat makanan, yang membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan mengekang makan berlebihan sehingga mampu membantu menurunkan berat badan secara alami.
2. Mencegah Kanker
Flavonoid, sebuah phytonutrisi dengan sifat anti-kanker yang berlimpah pada bayam. Telah terbukti dapat memperlambat pembelahan sel pada kanker kulit. Selanjutnya, bayam telah menunjukkan perlindungan yang signifikan terhadap terjadinya kanker prostat.
3. Anti-inflamasi
Neoxanthin dan violaxanthin dua epoxyxanthophylls anti-inflamasi yang memainkan peran penting dalam mengatasi peradangan dan cukup banyak ditemukan pada bayam.
4. Antioksidan
Vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng dan selenium yang terdapat pada bayam berperan sebagai antioksidan kuat yang memerangi timbulnya osteoporosis, atherosclerosis dan tekanan darah tinggi.
5. Menjaga Tekanan darah
Peptida yang terdapat dalam bayam telah terbukti efektif menurunkan tekanan darah.
6. Meningkatkan Penglihatan
Kedua antioksidan lutein dan zeaxanthin yang berlimpah pada bayam dapat melindungi mata dari katarak dan yang berkaitan dengan penyakit degenerasi makula.
7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Satu mangkuk bayam mengandung lebih dari 337% dari RDA vitamin A yang tidak hanya melindungi dan memperkuat “entry point” ke dalam tubuh manusia, seperti selaput lendir, pernapasan, saluran kemih dan saluran usus, tetapi juga merupakan komponen kunci dari limfosit ( atau sel darah putih) yang memerangi infeksi.
8. Melindungi Kulit
Jumlah vitamin A yang tinggi pada bayam juga mampu melindungi kulit agar tetap sehat dengan memungkinkan untuk retensi kelembaban yang tepat di epidermis, sehingga memerangi psoriasis, keratinisasi, jerawat dan bahkan keriput.
9. Memperkuat Tulang
Satu cangkir bayam rebus menyediakan lebih dari 1000% dari RDA vitamin K yang dapat mencegah kelebihan aktivasi osteoklas (sel-sel yang memecah tulang), serta mempromosikan sintesis osteocalcin, protein yang sangat penting untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang kita.
10. Menutrisi Otak dan Melindungi Fungsi saraf
Kelimpahan vitamin K dalam bayam memberikan kontribusi besar terhadap sistem saraf yang sehat dan fungsi otak dengan menyediakan bagian penting untuk sintesis sphingolipids, lemak penting yang membentuk Selubung myelin di sekitar saraf kita.
11. Kaya Zat Besi : Karena kaya akan zat besi maka para vegetarian dan penderita anemia disarankan untuk mengonsumsi bayam agar mampu memproduksi sel darah merah yang tepat.
12. Mencegah Asma: Jika kalian rentan terhadap serangan asma atau kesulitan bernapas, masukkan bayam dalam menu harian kalian. Beta-karoten, vitamin C, vitamin E, kalium dan magnesium dalam bayam memiliki sifat anti-asma.

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *