Buah Pir

Health News 0 Comments

13091882_598731140276221_7018400517528784291_n

Buah pir adalah buah yang segar karena tinggi kadar airnya. Buah ini merupakan buah impor yang awalnya berasal dari kawasan Eropa Barat, tetapi sekarang sudah banyak ditemukan di Indonesia bahkan pasar tradisional sekalipun. Tak hanya memberikan rasa segar tetapi juga banyak nutrisinya lho, yuk lihat manfaatnya di bawah ini :

1. Baik untuk pencernaan: Buah pir memiliki peran yang sangat penting dalam pencernaan manusia. Dengan satu porsi buah pir menyediakan 18% dari kebutuhan harian untuk asupan serat. Pir baik untuk pencernaan, bisa mengatasi sembelit dan diare karena kandungan serat di dalamnya.
2. Pir rendah kalori: Pir adalah salah satu buah yang memiliki kalori yang rendah. Oleh karena itu, bagi yang hendak melakukan diet dan menurunkan berat badan dianjurkan mengonsumsi pir.
3. Sebagai antioksidan: Seperti banyak buah-buahan lainnya, pir kaya akan antioksidan yang memerangi berbagai penyakit dan kondisi dalam tubuh. Antioksidan bekerja untuk menghilangkan radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh berikut metabolisme sel. Radikal bebas dapat memutasi sel-sel sehat menjadi sel-sel kanker, dan dapat menyebabkan sejumlah kondisi berbahaya lainnya. Oleh karena itu, komponen antioksidan vitamin C, vitamin A, dan senyawa flavonoid seperti beta-karoten, lutein, dan zea-xanthin, yang semuanya ditemukan di pir, dapat membantu membersihkan tubuh dari senyawa berbahaya.
4. Sistem kekebalan tubuh: Demikian pula, sistem kekebalan tubuh juga didorong oleh kegiatan antioksidan dan vitamin-C. Vitamin C telah lama diketahui bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, karena merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih. Secara tradisional, buah-buahan seperti pir telah telah dipercaya dapat menghilangkan flu dan meningkatkan kekebalan tubuh.
5. Mencegah kanker: Antioksidan sangat berperan dalam kegiatan anti-karsinogenik, dan pir mengandung antioksidan yang dapat mencegah beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar, rektum, payudara, prostat, dan paru-paru.
6. Sumber kalium: Pir merupakan sumber kalium, yang berarti bahwa pir dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan jantung, karena kalium adalah vasodilator yang baik. Kalium bekerja sebagai regulator cairan dalam tubuh, yang memastikan keseimbangan cairan penting dalam sel dan organ tubuh.
7. Membantu menyembuhkan luka: Vitamin C juga merupakan bagian penting dari sintesis jaringan baru di berbagai organ dan struktur selular tubuh. Hal ini membuat metabolisme tubuh berjalan lancar dan memastikan bahwa semua fungsi beroperasi dengan baik. Selanjutnya, penyembuhan luka bisa dipercepat dengan tingginya asam askorbat, yang ditemukan dalam buah pir, sehingga luka dan kerusakan diakibatkan oleh cedera dan penyakit dapat diperbaiki lebih cepat.
8. Meningkatkan sel darah merah: Untuk pasien yang menderita anemia atau kekurangan mineral lainnya, pir bisa sangat membantu, karena mengandung tembaga dan besi. Tembaga memfasilitasi dan meningkatkan penyerapan mineral ke dalam sistem, dan peningkatan kadar zat besi berarti bahwa sintesis sel darah merah meningkat. Zat besi merupakan bagian penting dari hemoglobin. Kita dapat mencegah kelelahan, kerusakan kognitif, kelemahan otot, dan kerusakan sistem organ dengan mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi dan tembaga, yang keduanya ditemukan dalam pir.
9. Mencegah cacat janin: Pir juga mengandung asam folat. Asam folat telah berkorelasi positif dengan pengurangan cacat tabung saraf pada bayi baru lahir, jadi mengonsumsi buah-buahan yang kaya folat seperti pir dapat melindungi kesehatan bayi, sehingga ibu hamil selalu dianjurkan untuk memantau kadar asam folat mereka.
10. Mengurangi peradangan: Komponen antioksidan dan flavonoid pada buah pir juga dapat menyebabkan efek anti-inflamasi dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan penyakit inflamasi. Ini termasuk pengurangan gejala arthritis, kondisi rematik,dan asam urat.
11. Kesehatan tulang: Kandungan mineral yang tinggi pada buah pir, yang meliputi magnesium, mangan, fosfor, kalsium, dan tembaga, berarti dapat mengurangi kehilangan mineral tulang dan kondisi seperti osteoporosis.
12. Kesehatan kulit, rambut, dan mata: Salah satu vitamin yang paling serbaguna dalam tubuh manusia adalah Vitamin A. Pir tinggi vitamin A, seperti lutein dan zea-xanthin. Mereka bertindak sebagai antioksidan serta berpartisipasi dalam sejumlah reaksi enzimatik dan fungsi organ, pir dapat mengurangi efek penuaan pada kulit, seperti keriput dan bintik-bintik hitam. Buah ini juga dapat mengurangi kerontokan rambut, degenerasi makula, katarak, dan berbagai kondisi lain yang terkait dengan proses penuaan.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *