Manfaat Buah Kelapa

Health News 0 Comments
13087406_598480533634615_3934217954606899832_n

Tidak hanya rasanya yang enak saat diminum waktu udara panas, air kelapa juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh kita lho, berikut ulasannya :

1. Merehidrasi tubuh: Air kelapa tidak hanya air tetapi juga mengandung vitamin dan mineral. Beberapa mineral yang ditemukan dalam air kelapa, seperti kalium dan natrium, bertindak sebagai elektrolit dan membantu menyeimbangkan kadar air dalam tubuh kita.
2. Baik untuk gangguan pencernaan: Air kelapa adalah obat yang efektif untuk gastroenteritis, muntah, diare ringan, disentri, dispepsia, dan perut kembung. Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa muda adalah obat rumah yang baik untuk anak-anak pada tahap awal dari diare ringan.
3. Sebagai antimikroba: Air kelapa telah diuji untuk sifat antimikroba nya juga. Telah dicatat bahwa air kelapa mengandung biokimia yang disebut peptida, yang dapat membunuh kedua gram positif dan gram negatif bakteri. Jadi, minum air kelapa dapat membantu dalam memerangi infeksi.
4. Bermanfaat untuk Kolera: Bila menderita kolera, air kelapa bisa sangat berguna. Ambil dua gelas air kelapa dan campurkan dengan 3-4 sendok teh air jeruk nipis. Solusi ini dikenal untuk membawa kembali keseimbangan elektrolit dan harus secara teratur diberikan kepada pasien. Air kelapa, menjadi sumber potasium yang baik, dapat menjadi solusi ideal untuk kolera.
5. Mengontrol Kolesterol: Air kelapa juga dapat bertindak sebagai pencegah untuk kolesterol tinggi. Penelitian tentang dampak dari air kelapa pada tikus menunjukkan bahwa LDL (low density lipoprotein) atau tingkat kolesterol jahat, trigliserida, dan kadar total kolesterol keseluruhan menurun sementara HDL (high density lipoprotein), juga dikenal sebagai kolesterol baik, meningkat karena konsumsi air kelapa.
6. Kesehatan Jantung: Air kelapa adalah baik untuk jantung. Karena air kelapa sebagai pengontrol kolesterol, jantung dan aorta memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah, menghasilkan jantung yang lebih sehat serta mengurangi stroke dan serangan jantung. Air kelapa memiliki efek merangsang pada enzim, yang membantu dalam pemulihan dari kerusakan miokard.
7. Mengontrol Hipertensi: Salah satu manfaat dari air kelapa adalah mengontrol hipertensi (tekanan darah tinggi). Sebuah penelitian perbandingan air kelapa dan mauby (minuman yang populer di kepulauan Karibia) menunjukkan bahwa pasien hipertensi diberi air kelapa menunjukkan respon yang lebih positif daripada orang yang diobati dengan mauby. Asupan harian satu atau dua gelas air kelapa dapat bermanfaat dalam mengendalikan hipertensi.
8. Baik untuk kesehatan Hati: Air kelapa menyediakan antioksidan, yang mengurangi aktivitas racun dalam hati.
9. Gangguan kemih: Air kelapa memiliki sifat diuretik, yang sangat membantu dalam kasus gangguan kemih. Karena efek diuretik, air mudah dikeluarkan dari tubuh, bersama dengan racun, membantu menjaga sistem tubuh kita sehat.
10. Sebagai antioksidan: Air kelapa adalah sumber antioksidan yang baik, yang membantu dalam mengikat radikal bebas dan berbagai racun yang secara alami diproduksi di dalam tubuh. Antioksidan dalam makanan kita sangat penting dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya.

Selamat hari Minggu yaa sahabat Cooking with Sheila, selamat berakhir pekan bersama keluarga tercinta 🙂

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *