Cara Mengasah Pisau yang Benar

Tips 0 Comments

13087887_597595977056404_7968802670738516609_n

Setelah kita membahas berbagai jenis pisau mari kita beralih bagaimana cara mengasah pisau yang benar. Mengasah pisau ternyata tidak sembarangan seperti yang kita bayangkan, ada teknik-teknik yang perlu diperhatikan. Salah-salah malah pisau kita akan cenderung menjadi tumpul. Yuk kita lihat step by step :

1. Ambil batu asah, cuci dan rendam di dalam air sekitar 10-15 menit agar bisa melumasi pisau. Jika dalam keadaan kering, hal ini akan mempersulit penajaman pisau. Kemudian tempatkan batu asah di atas lap.
2. Asahlah pisau dengan batu asah dengan sudut kemiringan sekitar 20 derajat. Pegang gagang pisau dengan erat, kemudian gesekkan ujung pisau hingga pangkalnya pada bagian kasar batu asah kearah menjauhi tubuh Anda. Jangan mengasah pisau dengan posisi berdiri karena akan menghilangkan ketajamannya.
3. Asah pisau secara satu arah, jangan dilakukan secara bolak-balik karena akan membuat pisau menjadi tumpul. Ulangi gerakan ini sekitar 6-10 kali.
5. Setelah diasah, segera bersihkan pisau dengan air dan jangan dibiarkan begitu saja. Bekas asahan akan menimbulkan bakteri yang menempel pada pisau dan membuat pisau jadi tumpul. Kalian bisa menguji ketajamannya dengan mencoba memotong buah setelahnya.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *