Rambutan

Health News 0 Comments
13062543_597374223745246_6306336693939492443_n
Buah rambutan adalah buah eksotis yang berasal dari Indonesia dan Malaysia. Nama “rambutan” itu sendiri berasal dari bahasa Melayu yang berarti “berbulu”. Tahukah kalian rambutan sangat kaya akan zat besi, yang diperlukan untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Zat besi membantu mencegah kelelahan dan pusing yang disebabkan oleh anemia. Masih banyak lagi manfaat lain rambutan lho yaitu :

1. Rambutan memiliki antioksidan tinggi seperti flavonoid. Senyawa flavonoid sangat manjur dalam mencegah serangan sel kanker. Selain itu, flavonoid dapat menurunkan kadar kolesterol dan anti-inflamasi.
2. Serat pada buah rambutan bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan, yang dapat mencegah sembelit dan buang air besar Dengan pencernaan yang sehat, maka akan dilindungi dari gangguan pencernaan lain seperti kanker usus besar, diare, dan untuk mencegah radang usus buntu.
3. Rambutan sangat kaya akan vitamin C, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk kanker dan penyakit jantung. Selain itu, makan buah rambutan juga bisa meningkatkan energi untuk tubuh sehingga tubuh akan kuat.
4. Rambutan juga kaya mineral, itu akan memenuhi kebutuhan mineral bagi tubuh, dan menghindari dehidrasi.
5. Rambutan juga mengandung vitamin A dan beta-karoten, itu akan berguna untuk merawat kesehatan mata, sehingga akan terhindar dari penyakit mata seperti miopia dan katarak mata.
6. Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu dibutuhkan kerja keras dan semangat yang kuat. Namun bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan bisa mengonsumsi rambutan. Selain itu, hindari tidur di bawah 12 pm karena dapat menyebabkan obesitas. Menjalankan program dengan diet seimbang dengan mengonsumsi buah rambutan setiap hari adalah cara yang aman dan tanpa efek samping.
7. Dalam rambutan juga terkandung zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, karena zat besi berguna untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh dan dapat mencegah kelelahan dan pusing yang disebabkan oleh anemia atau kekurangan sel darah merah. Fosfor pada buah rambutan dapat bermanfaat untuk menyaring kotoran dalam ginjal. Ini adalah salah satu buah terbaik untuk membersihkan ginjal.
8. Rambutan juga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain itu dapat mencegah pembengkakan di tangan dan kaki yang disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk dalam tubuh.
9. Biji rambutan dapat dihancurkan dan dioleskan di seluruh kulit. Hal ini bermanfaat untuk melembutkan dan menutrisi kulit.

Tips :
Pilih rambutan segar dengan warna masih terlihat cerah. Jangan memilih yang memar, karena bisa menjadi tanda bahwa buah telah rusak atau terlalu matang. Buah segar dapat disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari. Sedangkan jika kalian ingin memperpanjang masa penyimpanan, dapat menyimpannya di dalam lemari es dengan menggunakan kertas atau kantong plastik berlubang.

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *