Berbagai Macam Jenis Pisau Dapur

Tips 0 Comments

13124718_597180243764644_244387522367409307_n

Biasanya jika di rumah kita hanya menggunakan satu jenis pisau saja untuk semuanya, padahal ada berbagai jenis pisau lho. Pisau ini memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda pula. Berikut macam-macam piau dapur dan kegunaannya :

1. Chef Knife atau pisau serbaguna adalah pisau yang paling banyak digunakan. Pisau ini berukuran 8-10cm. Dapat digunakan untuk memotong sayur, mengiris daging, atau mencincang bumbu.
2. Paring Knife atau pisau ukir, bentuknya lebih kecil dan pendek, hanya sekitar 3-4 cm. Pisau ini dapat memudahkan kita untuk mengupas atau mengukir buah dan sayuran.
3. Boning Knife atau pisau tulang. Pisau ini digunakan untuk membersihkan tulang di dalam daging ham atau sapi. Pisau tulang cenderung lebih tipis pada bagian pemotongnya, namun cukup kuat dan tajam sehingga mampu memotong tulang yang belum terpisah.
4. Cleaver atau pisau daging/pisau besar. Pisau ini agak berat, dan digunakan untuk memotong daging, sayuran atau mencincang bawang putih.
5. Fillet Knife digunakan untuk memotong filet ikan
6. Bread Knife atau pisau roti adalah pisau panjang yang sebelah sisinya bergerigi. Pisau ini memudahkan kita untuk memotong roti supaya tidak hancur, terutama roti yang permukaan nya agak keras tapi dalamnya lembut. Cocok untuk memotong kue tart.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *