Manfaat Kesehatan Dari Daun Bawang

Health News 0 Comments

13095777_596943090455026_7412130343668935802_n

Sama seperti bawang, daun bawang bisa disajikan baik dimasak atau mentah. Daun bawang memiliki rasa seperti bawang yang biasa disajikan pada sup dan berbagai hidangan lainnya. Selain itu, daun bawang juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mirip dengan bawang putih dan bawang merah yaitu :
1. Sifat anti-kanker
Daun bawang merupakan sumber yang baik dari sulfida alil yang telah terbukti mengurangi resiko pengembangan kanker tertentu, terutama kanker perut, prostat, dan kanker usus besar.
2. Melindungi terhadap penyakit jantung
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa anggota keluarga Allium, termasuk daun bawang, memiliki sedikit efek menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mencegah penyakit jantung seperti arteriosklerosis, stroke dan gagal jantung.
3. Melawan infeksi
Daun bawang juga bertindak sebagai antiseptik, yang membantu tubuh melawan infeksi. Ekstrak daun bawang yang diaplikasikan pada luka dapat membantu untuk mencegah infeksi.
4. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Daun bawang mengandung prebiotik, jenis bakteri baik, yang diperlukan untuk penyerapan nutrisi yang lebih baik. Menghilangkan masalah racun berbahaya dalam tubuh, merangsang tindakan peristaltik sehingga meningkatkan fungsi pencernaan.
5. Menjaga kadar kolesterol
Sebuah asupan rutin daun bawang telah dikaitkan dengan penurunan dalam kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan baik kolesterol (HDL).
6. Baik untuk ibu hamil
Daun bawang sangat penting bagi wanita hamil karena mengandung asam folat. Konsumsi asam folat selama kehamilan telah terbukti mengurangi resiko cacat pada janin.
7. Menguatkan tulang
Daun bawang merupakan sumber yang kaya kalsium dan magnesium. Kalsium bersama dengan magnesium sangat penting untuk kesehatan tulang, membantu untuk mengkonversi vitamin D menjadi bentuk aktif dalam tubuh dan dengan demikian menguatkan tulang.
8. Mencegah Anemia
Karena kandungan besinya, daun bawang juga dapat membantu dalam mencegah berbagai jenis anemia, terutama anemia defisiensi besi. Hal ini juga kaya akan vitamin C, yang dapat membantu dalam penyerapan zat besi dalam tubuh.

Tips : Ketika membeli daun bawang, carilah yang daunnya berwarna hijau terang dan segar segar. Hindari daun bawang yang terdapat noda, layu atau daunnya menguning. Pilih daun bawang yang kecil karena cenderung lebih lembut.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *