Aturan Penggunaan Minyak Goreng

Tips 0 Comments

13083234_596762947139707_99131668039158453_n

Makanan yang digoreng biasanya memerlukan minyak yang banyak. Seringkali setelah menggoreng masih banyak minyak yang tersisa. Para ibu rumah tangga biasanya memanfaatkan kembali minyak tersebut untuk digunakan kembali dengan alasan penghematan. Boleh saja, tetapi tentunya ada aturan penggunaan minyak goreng yang benar agar kita terhindar dari masalah kesehatan.
Saat kita menggoreng makanan, minyak akan terkontak dengan air dari bahan makanan yang kita goreng dan udara sekitarnya. Nah, ini akan menyebabkan minyak tersebut teroksidasi dan membentuk polimer-polimer yang bersifat karsinogenik yang artinya berbahaya bagi kesehatan. Kandungan lemak jenuh pada minyak pun akan semakin tinggi seiring dengan jumlah pemakaian. Kita tahu bahwa lemak jenuh merupakan pemicu tingginya kolesterol sehingga dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti jantung, tumor, dan penyakit degeneratif lainnya.
Oleh karena itu, penggunaan minyak goreng disarankan tidak boleh lebih dari tiga kali walaupun minyak goreng tersebut masih terlihat jernih. Jadi lebih baik diganti dengan yang baru karena minyak goreng jika terkena panas kualitasnya akan menurun dan jika terus menerus digunakan, konsistensi minyak akan semakin rusak dan dampaknya pada kesehatan tubuh kita.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *