Cara Memilih Daging Ayam yang Benar

Tips 0 Comments

13103527_596562903826378_3590168226473807500_n

Masih seputar daging ayam nih…Setelah kita mengetahui berbagai jenis ayam potong, kita juga harus tahu loh cara memilih daging ayam yang benar. Jangan sampai daging yang kita beli sudah tidak segar ataupun busuk. Ini nih beberapa tips nya, semoga bermanfaat yaaa…

1. Warna daging ayam
Warna daging ayam yang segar adalah putih abuan dan cerah atau kadang terlihat sedikit merah muda. Jika warnanya cenderung pucat dan kebiruan maka sudah dipastikan tidak segar. Bahkan jika warnanya mengkilap dan malah tidak dihinggapi lalat maka daging ayam tersebut mengandung formalin.
2. Tekstur daging ayam
Daging ayam yang segar jika dagingnya ditekan maka akan kembali seperti semula dan terasa empuk, namun jika daging terasa keras dan kulitnya tenggelam maka itu artinya sudah tidak segar lagi.
3. Bau daging ayam
Daging ayam segar harusnya tidak memiliki bau, akan tetapi jika dibaui terasa bau busuk maka dipastikan ayam tersebut sudah tidak segar lagi. Bahkan jika baunya seperti bahan kimia, kemungkinan mengandung formalin.
4. Kemasan daging ayam
Saat membeli di supermarket, terkadang daging ayam sudah dibungkus dengan plastik dan kita kesulitan untuk menyentuh langsung. Maka perhatikan dagingnya kemudian lihat apakah plastiknya dibungkus dengan rapi beserta tanggal packagingnya. Jika plastik tidak tertutup rapat kemungkinan sudah banyak disentuh orang dan sudah berada lama. Jadi sebaiknya cari daging ayam yang terbungkus plastik dengan rapat sehingga meminimalisasi terkontaminasi berbagai macam bakteri.
5. Darah ayam
Sebaiknya hindari ayam yang memiliki banyak darah, karena kondisi ayam tersebut memiliki kemungkinan yaitu telah banyak disentuh oleh berbagai tangan, sehingga banyak bakteri atau telah dibekukan atau dicairkan beberapa kali.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *