Cara Mencuci Buah yang Benar

Tips 0 Comments

13092150_596115877204414_6392058551992725025_n

Berikut adalah cara untuk mencuci buah yang benar agar terhindar dari bakteri, pestisida maupun lapisan lilin pada buah :

1. Cuci pada air mengalir selama 15-30 detik. Satu-satunya cara menghilangkan lilin adalah dengan menggosoknya. Sebenarnya lilin tersebut aman dimakan bersama buahnya. Namun, bakteri bisa hidup di permukaan buah yang dilapisi lilin tersebut. Karena itu pastikan kalian mencuci dengan bersih sebelum memakannya.
2. Untuk jenis buah yang lebih keras kulitnya, seperti pisang, melon, dan jeruk kalian bisa menggunakan sikat gigi yang sudah tak dipakai untuk menggosoknya kemudian bilas di air mengalir
3. Untuk jenis buah yang bergerombol seperti anggur, kalian dapat memotong batang dan tangkainya karena biasanya di sana lah bakteri bersarang. Taruh buah dalam wadah saringan kemudian semprotkan air (bisa menggunakan kran pada tempat cuci piring ) kurang lebih selama satu menit agar benar-benar bersih
4. Memakai air larutan garam. Membersihkan dengan larutan garam bisa membunuh bakteri yang menempel pada buah. Garam memiliki sifat antibiotik alami. Cukup rendam selama 5 menit dan lanjutkan dengan pembilasan di bawah air mengalir.
5. Mencuci dengan larutan cuka. Cuka yang telah dilarutkan pada air dapat membersihkan pestisida dari buah. Ambil setengah cangkir cuka yang dilarutkan pada dua cangkir air sebagai tempat merendam. Biarkan buah selama 5-15 menit lalu dibilas.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *