Ciri Buah Berformalin

Tips 0 Comments
13051557_595910383891630_6403300538673842170_n
Buah-buahan pun sekarang tidak lepas dari yang namanya pengawet. Banyak buah menggunakan formalin untuk menjaga keawetannya. Tahukah kalian ciri buah berformalin? Berikut ciri-cirinya yang dikutip dari situs Bin:
1. Permukaan bagian kulit terlihat kencang dan segar meski telah berbulan-bulan dipanen maupun dipajang di supermarket/pasar, namun apabila hendak dipegang buahnya terasa keras.Umumnya buah yang diberi formalin adalah jeruk, anggur, dan apel.
2. Sementara untuk formalin pada buah bertangkai, misalnya lengkeng dan anggur, dapat dikenali lewat tangkainya. Jika tangkainya sudah tampak layu, sementara buahnya masih sangat segar dengan bau menyengat yang bukan bau buah, kemungkinan mengandung zat kimia berbahaya.
3. Penyuntikan menggunakan zat pewarna dapat ditemukan pada buah, kalau diamati biasanya meninggalkan bekas lubang kecil agak dalam. Bekas suntikan zat pewarna berada di bagian ujung yang berada di tangkai buahnya.
4. Zat pewarna tekstil biasanya membuat warna buah menjadi lebih terang dan meninggalkan rasa zat kimia di mulut. Umumnya yang sering diberi zat pewarna adalah buah pir, mangga, belimbing, pisang, jeruk dan semangka.
5. Kandungan lilin pada buah dapat dilihat dengan tekstur permukaan yang mengkilat, cukup dengan mengerik menggunakan pisau maka serbuk-serbuk putih akan berjatuhan.Isi daging buah dilapisi lilin biasanya sudah tidak segar
6. Ciri lain buah yang mengandung formalin biasanya buah impor karena waktu pengirimannya yang cenderung lama.

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *