Malaysian Laksa

Main, Nasi - Mie - Pasta, Recipes 0 Comments

20160701_140417

Malaysian laksa sebenarnya ada dua jenis. Yang pertama adalah curry laksa yang adalah perpaduan antara curry paste dan santan. Satunya adalah asam laksa yang menggunakan biji asam. Kebanyakan dari kita lebih terbiasanya dengan versi yang pertama dengan santan. Versi yang saya share hari ini pun adalah yang curry laksa. Ada beberapa perubahan yang saya lakukan dari versi traditional. Salah satunya seharusnya cabai merah yang dipakai untuk bumbu halus adalah cabai kering. Tetapi di Indonesia mencari cabai kering ini tidak mudah. Jadi saya menggantinya dengan cabai segar deh. Tetapi bila anda mau, anda bisa mengganti dengan cabai kering. Selamat mencoba ya 😁

Bahan:
Mie Hokien atau mie telur basah
Bihun, rendam dalam air dingin dan tiriskan
200 gram dada ayam
6 buah cakar ayam
300 gram udang jerbung, buang sungut saja
200 gram taoge panjang, petik
200 gram buncis, buang serat dan ujungnya
4 butir telur, rebus dan kupas
6 tahu pelempung atau tahu pong
Fish cakes atau bakso ikan (saya biasa beli bentuk kotak yang sudah digoreng)
600 mL santan dari 1 butir kelapa
50 gram gula pasir atau gula batu
Seikat daun kemangi
Lemon
Irisan cabai merah besar
Bawang goreng
Minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:
Setelunjuk kunyit
5 cm lengkuas
12 butir bawang merah
10 siung bawang putih
15 buah cabai merah besar, buang isinya
3 buah cabai rawit merah
6 butir kemiri
50 gram ebi, sangrai
2 sdt terasi, dibakar
1 sdm biji ketumbar
1 batang serai, ambil bagian putihnya

Cara Membuat:
– Pertama buat kaldu dengan merebus 1 L air dengan cakar dan sedikit garam. Setelah mendidih masukkan dada ayam dan masak hingga matang. Sisihkan daging ayam dan biarkan dingin sebentar. Masukkan udang ke dalam kaldu ayam dan masak sebentar hingga matang. Tiriskan udang dan dinginkan sebentar. Kaldu ayam dan udang ini digunakan untuk kuah laksa. Ayamnya disuwir dan udangnya disajikan sebagai topping. Udang boleh dikupas atau disajikan utuh.
– Untuk membuat kuah laksa, tumis bumbu halus bersama 5 sdm minyak hingga harum dan matang. Biasanya warnanya lebih pekat saat bumbu sudah matang. Tuang kaldu dan santan (bila dijumlah kurleb 1,8 L. Bisa ditambah air bila tidak mencapai 1,8 L). Didihkan. Rasakan dan bumbuhi dengan garam merica secukupnya dan gula. Masak sebentar dan hati-hati diaduk supaya tidak pecah. Matikan apinya.
– Untuk penyajian, rebus air dalam panci kecil dan ambil seporsi mie kuning dan bihun secukupnya untuk seporsi. Masak sebentar saja dalam air mendidih dan tiriskan. Tuang mie dalam mangkuk. Dalam panci yang sama rebus buncis dan taoge hingga matang. Tiriskan dan susun di atas mie. Tambahkan topping lainnya seperti fish cake atau bakso ikan, suwiran ayam, udang, telur, tahu, kemangi dan bawang goreng. Tuang kuah ke atasnya dan sajikan panas bersama perasan jeruk lemon.

Catatan: Laksa biasa disajikan bersama sambal. Sambal ini diambil dari tumisan bumbu halus. Jadi setelah bumbu halus ini ditumis, ambil sedikit untuk sambal.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *