Yoghurt Cake

Aneka Kue & Roti, Dessert, Recipes 0 Comments

PhotoGrid_1467808751304

Yoghurt cake biasanya teksturnya padat dan tidak mengembang banyak. Tetapi seperti yang anda bisa lihat di foto, tekstur yogurt cake ini mengingatkan anda pada japanese cheesecake yang sangat soft dan fluffy. Resep ini sangat cocok bagi kita yang mencari pilihan lebih sehat. Tentunya yoghurt lebih sehat dibanding cream cheese kan? Selain itu, bagi anda yang suka sekali tekstur japanese cheesecake tetapi kesulitan mencari cream cheese, resep ini bisa mencoba resep satu ini 🙂

Bahan:
200 gram plain yoghurt
4 sdm atau 80 mL minyak sayur, jagung atau canola
4 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
40 gram (kurleb 3 sdm) tepung terigu protein rendah untuk kue dan biskuit
24 gram (kurleb 2 sdm) tepung maizena
80 gram gula kastor
1 sdt ekstrak vanilla
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
– Siapkan loyang bulat diameter 20 cm dan alasi dasarnya dengan kertas roti. Jangan diolesi butter atau minyak ya. Kemudian gunakan alumunium foil untuk melapisi bagian luar loyang karena nanti adonan akan dipanggang dalam wadah lain dan diisi air.
– Panaskan oven pada suhu 160oC
– Kocok yoghurt bersama dengan minyak hingga rata. Tambahkan kuning telur satu persatu dan aduk rata. Tambahkan vanilla ekstrak dan aduk rata kembali.
– Ayak kedua jenis tepung bersama garam ke dalam adonan ini dan perlahan aduk rata.
– Gunakan wadah dan mixer bersih, kocok putih telur hingga mendekati soft peak atau putih telur tampak berbusa. Tambahkan separuh gula dan kocok kembali. Tambahkan sisanya dan kocok hingga kaku.
– Tambahkan seperempat adonan putih telur ke dalam adonan yoghurt. Aduk rata. Kemudian tambahkan sisa adonan putih telur dalam 2-3 tahap, perlahan aduk rata.
– Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Ketuk-ketuk dasar loyang di atas meja beberapa kali untuk menghilangkan gelembung udara dalam adonan.
– Siapkan wadah atau loyang lebih besar dari loyang kue. Masukkan loyang kue ke dalamnya kemudian isi loyang besar tersebut dengan air mendidih hingga mencapai setengah ketinggian loyang kue.
– Panggang dalam oven selama 50-60 menit. Bila sudah cokelat atasnya dan waktu memanggang masih lama, turunkan suhunya menjadi 150oC supaya atasnya tidak cracking.
– Setelah 50 menit, cek dengan tusuk sate. Bila keluar bersih maka kue sudah matang.
– Keluarkan cake dari loyang dan dinginkan selama 1 jam kemudian simpan dalam lemari es minimal 2-3 jam supaya hasil lebih enak.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *