Manfaat Kesehatan dari Kalsium

Health News 0 Comments
Milk
sumber : https://www.organicfacts.net/wp-content/uploads/2013/09/Milk.jpg

Kalsium merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang, gusi dan gigi. Dokter sering merekomendasikan bahwa perempuan dapat mengonsumsi suplemen kalsium, terutama mereka yang menunjukkan tanda-tanda awal masalah tulang, seperti osteoporosis atau osteopenia. Berikut manfaat kalsium :

Memperkuat Tulang – Kalsium memperkuat tulang punggung dan memastikan bentuk yang tepat untuk tubuh, serta membantu untuk meringankan sakit punggung. Kalsium membantu untuk menjaga tulang dalam bentuk yang tepat dan mencegah banyak keluhan skeletal seperti arthritis dan osteoporosis, yang bisa menghambat kebebasan bergerak, serta menjadi sangat menyakitkan.

Mencegah Obesitas – Kalsium membantu dalam menjaga berat badan optimal pada laki-laki dan perempuan. Jika kekurangan kalsium dalam diet Anda, tubuh akan cenderung untuk melepaskan hormon paratiroid, yang pada gilirannya merangsang tulang untuk melepaskan kalsium ke dalam aliran darah Anda. Ini mempertahankan keseimbangan. Di sisi lain, hormon paratiroid juga merangsang produksi lemak, yang kemudian dapat membuat Anda gemuk. Pada dasarnya, pastikan bahwa Anda mengambil jumlah kalsium yang tepat, tapi tidak terlalu banyak, sehingga tidak memicu obesitas.

Melindungi Jantung Otot – Kalsium melindungi otot jantung Anda. Jumlah kalsium yang cukup dapat membantu otot jantung berkontraksi. Kalsium juga membantu sistem saraf mempertahankan tekanan yang tepat dalam arteri Anda. Jika ada penurunan kalsium, hormon yang disebut calcitrol dilepaskan, yang mengkontraksi otot polos pembuluh darah, sehingga meningkatkan tekanan darah. Otot jantung membutuhkan ion kalsium ekstraseluler untuk kontraksi. Ketika konsentrasi intraseluler kalsium meningkat, ion kalsium berkumpul bersama pada troponin protein. Ini merangsang sekresi cairan ekstraseluler dan intraseluler, termasuk yang dari otot rangka, yang hanya diaktifkan oleh kalsium yang disimpan dalam retikulum sarkoplasma.

Mencegah Kanker Usus Besar – Kalsium yang memadai mencegah resiko kanker usus besar dan menekan pertumbuhan polip yang dapat menyebabkan kanker. Suplemen kalsium mengurangi resiko adenoma, serta tumor nonmalignant di usus besar. Ini sebenarnya adalah pemicu kanker usus besar, tapi masih belum diketahui apakah asupan kalsium meminimalkan resiko kanker sepenuhnya.

Mencegah Gejala Premenstrual – Jumlah kalsium yang memadai mengurangi gejala sindrom pramenstruasi seperti pusing, perubahan suasana hati, hipertensi dan banyak lainnya. Rendahnya tingkat kalsium dapat memicu pelepasan hormon yang bertanggung jawab untuk perubahan suasana hati pramenstruasi termasuk mudah marah dan depresi.

Kontrol Tekanan Darah – Secara keseluruhan, tampak bahwa mengonsumsi asupan buah dan sayuran serta kalsium memainkan peran penting dalam mengontrol tekanan darah.

Mempertahankan kesehatan gigi dan gusi – Kalsium melindungi gigi Anda dengan menjaga tulang rahang yang kuat dan kokoh sepanjang hidup Anda. Asupan kalsium harus tinggi, terutama pada usia muda, sehingga anak-anak Anda secara alami tumbuh dengan gigi yang kuat.

Membantu dalam Transportasi Nutrisi – Kalsium membantu dalam mempermudah pergerakan nutrisi melintasi membran sel.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *