Coffee Cake Crumb Muffin

Aneka Kue & Roti, Dessert, Recipes 0 Comments
PhotoGrid_1468131803350_1

 

Sepulang dari berlibur langsung deh saya kembali memasak di dapur.. Walau letih tapi happy juga.. Hehehe Menu pertama yang terlintas di benak saya yah coffee cake crumb muffin. Sebenarnya di dalam cake ini sama sekali tidak mengandung kopi. Namun demikian orang Amerika yang biasa menyajikan cake ini sebagai menu breakfast, mereka menyajikan bersama secangkir kopi. Crumb sendiri sebenarnya adalah streusel beraroma kayu manis. Crumb ini teksturnya renyah seperti cookies. Cake nya soft dan lembut dipadukan dengan crumb yang renyah, manis dan gurih. Yummmm… Holiday saya belum berakhir nampaknya dengan menikmati freshly baked coffee cake crumb muffin pagi ini ☺️Bahan:
Untuk crumb:
70 gram Gula kastor
65 gram Brown sugar atas bisa diganti dengan bubuk palm sugar
120 gram Unsalted butter, lelehkan
3/4 sdt bubuk cinnamon atau kayu manis
1/4 sdt garam
250 gram Tepung terigu protein rendah untuk kue dan biskuit

Untuk cake:
180 gram Tepung terigu protein rendah
100 gram Gula kastor
1/4 sdt Soda kue
1/4 sdt garam
90 gram unsalted butter, diamkan pada suhu ruangan selama 15 menit
1 butir telur
1 butir kuning telur
1 sdt vanilla extract
100 gram Plain yoghurt
1 sdm susu putih

Cara Membuat:
– Untuk membuat crumb: campur rata kedua jenis gula dengan tepung terigu dan garam. Tuang butter yang sudah dilelehkan dan aduk rata. Tambahkan tepung dan aduk perlahan hingga teksturnya menggumpal seperti pada gambar. Adonan tidak seharusnya tercampur menjadi satu adonan besar tetapi bongkahan kecil-kecil. Saya mengaduk menggunakan spatula atau garpu.
– Untuk cake atau muffin: pertama aduk rata tepung terigu bersama gula, soda kue dan garam. Tambahkan butter sedikit demi sedikit dan mixer hingga tercampur rata. Masukkan telur dan kocok hingga rata. Terakhir tambahkan vanilla, yoghurt dan susu. Aduk rata hingga adonan lembut dan fluffy.
– Siapkan cetakan muffin dan kertasnya. Bagi adonan muffin ke dalam 12 gelas muffin sama rata. Tambahkan 1-2 sdm crumb ke atas tiap muffin.
– Panaskan oven pada suhu 160oC dan panggang selama 25-30 menit hingga muffin matang dan crumb nya cokelat keemasan dan crunchy.

Catatan: Anda bisa menambahkan kacang ke atas crumb seperti almond, kacang tanah dan sebagainya.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *