7 Makanan Anti-inflamasi

Health News 0 Comments
arthritis-food
sumber : https://shawglobalnews.files.wordpress.com/2015/06/arthritis-food.jpg?quality=70&strip=all&w=720&h=405&crop=1

Anti-inflamasi dapat diartikan anti peradangan atau obat yang dapat menghilangkan radang. Gejala inflamasi dapat disertai dengan gejala panas, kemerahan, bengkak, nyeri/sakit, fungsinya terganggu. Nah, ada beberapa jenis makanan yang telat dibuktikan dapat mengatasi peradangan tersebut. Yuk sahabat Cooking with Sheila kita kenali apa saja :

Sayuran hijau. Kangkung, bayam, dan beberapa sayuran hijau lainnya mengandung flavonoid yang kuat, antioksidan, karotenoid, dan vitamin C. Nutrisi ini membantu melindungi terhadap kerusakan sel. Dr Mercola menyarankan memilih yang organik, sayuran juga dapat dikonsumsi mentah-mentah, seperti salad atau sebagai jus hijau yang sehat.

Omega 3, seperti salmon liar Alaska dan minyak krill. Menurut sebuah penelitian tahun 2012 yang diterbitkan dalam Scandinavian Journal of Gastroenterology, suplemen makanan minyak krill (salah satu sumber omega-3) membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif secara efektif.

Bluberri. Dibandingkan dengan sayuran lain dan buah-buahan, blueberry segar memiliki kapasitas antioksidan yang sangat tinggi. Mereka juga mengandung gula yang lebih minimal dari buah-buahan lainnya.

Teh matcha. Ini teh hijau yang kaya gizi dari Jepang memiliki sebanyak 17 kali lebih banyak antioksidan dari blueberr, dan tujuh kali lebih banyak dari dark chocolate.

Fermentasi sayuran tradisoinal. Dr Mercola mengatakan bahwa mengoptimalkan flora usus Anda sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang baik fungsional dan menangkal peradangan kronis. Beberapa makanan terbaik difermentasi adalah acar, sauerkraut, tempe, miso, kimchi, natto, dan kefir dan yoghurt yang terbuat dari susu mentah. Makanan ini juga chelators efektif yang membantu menghilangkan racun, logam berat, dan pestisida yang mempromosikan peradangan.

Jamur shiitake. Ergothioneine, senyawa yang ditemukan di shiitake, membantu mencegah peradangan dengan menghambat stres oksidatif. Jamur ini juga mengandung nutrisi yang unik seperti tembaga – pada kenyataannya, defisiensi tembaga dapat menjadi faktor signifikan dalam perkembangan penyakit jantung koroner.

Bawang putih. Ada lebih dari 170 penelitian yang mendukung manfaat penyembuhan bawang putih. Dikenal karena sifat anti-virus, anti-bakteri, dan antioksidan, bawang putih telah berharga selama berabad-abad dan banyak digunakan sebagai obat. Sifat penyembuhan bawang putih berasal dari senyawa yang mengandung sulfur yang seperti allicin.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *