10 Tips Untuk Meningkatkan Memori Anda

Tips 0 Comments
image_20160625_164715
sumber : http://www.docuramafest.com/wp-content/uploads/2016/06/image_20160625_164715.jpg

Seringkali kita tidak menepati janji bukan berarti sengaja, namun kadang-kadang kita lupa akan hal-hal penting tersebut. Hal ini tentu saja dapat mengganggu relasi dan menyebabkan kesalahpahaman. Jika kalian sering lupa akan hal-hal kecil, berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk meningkatkan memori kita :

  1. Fokus pada apa yang Anda coba untuk diingat. Luangkan waktu untuk berpikir tentang apa yang perlu Anda ingat, apakah itu daftar nama, pekerjaan, atau barang-barang yang akan dibeli.
  2. Tautkan daftar Anda. Cobalah untuk mengingat beberapa hal atau ide sekaligus dengan menghubungkan mereka bersama-sama dalam pikiran Anda. Jika Anda ingin menghafal daftar belanjaan Anda, misalnya, menghubungkan item yang Anda butuhkan bersama dengan gambar tertentu atau tindakan di kepala Anda. Bayangkan Anda berada di ruang cuci Anda memegang wadah deterjen, kemudian berjalan ke dapur untuk mendapatkan beberapa roti dan susu, kemudian pindah ke kamar mandi untuk mengisi kertas toilet.
  3. Personalisasi daftar Anda. Mengatur daftar menjadi pendek, bagian dikelola, dan mencoba untuk menghubungkan item untuk sesuatu yang lebih mudah bagi Anda untuk mengingat. Meningkatkan memori dengan menghubungkan daftar nomor, misalnya, untuk tanggal pribadi yang relevan seperti ulang tahun atau tanggal sejarah yang menarik.
  4. Buat gambar visual. Jika Anda mencoba untuk mengingat nama seseorang, memvisualisasikan suatu objek akan membantu mengingatkan Anda di masa depan.
  5. Buat akronim. Melatih otak Anda untuk mengingat item dalam urutan tertentu dengan menciptakan sebuah kata untuk mewakili objek. Coba gunakan huruf pertama dari setiap item pada daftar belanja Anda untuk membentuk sebuah kata. Misalnya, OKE bisa berdiri untuk Odol, Kertas, Ember.
  6. Menuliskannya. Bahkan jika Anda tidak benar-benar menggunakan daftar atau catatan untuk mengingatkan Anda tentang janji, menuliskan informasi akan membantu otak Anda mempertahankan itu.
  7. Buat sajak. Bagaimana Anda belajar abjad atau jumlah hari dalam setiap bulan ketika Anda masih kecil? Anda mungkin mempelajarinya dengan bantuan lagu atau sajak. Cobalah melakukan hal yang sama dengan nama-nama, janji, dan daftar.
  8. Membuat daftar pendek. Mengatur daftar panjang ke dalam daftar pendek yang lebih mudah untuk diingat. Alih-alih mencoba mengingat selusin item yang berbeda, buatlah daftar yang lebih mini.
  9. Berpikir positif. Jangan meragukan diri sendiri – otak kita sering dapat melakukan lebih dari yang kita sadari. Secara teratur berlatih tips ini untuk membantu meningkatkan memori, dan Anda akan kagum dengan berapa banyak yang Anda ingat.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *