Manfaat kesehatan dari Kapulaga

Health News 0 Comments
13903338_643145315834803_4561963208102340506_n
sumber : https://www.organicfacts.net/wp-content/uploads/2013/05/Cardamom11.jpg

Kapulaga adalah rempah-rempah yang ideal dengan banyak manfaat kesehatan. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, tetapi juga cukup populer sebagai manfaat kesehatan, antara lain :

Anti-karsinogenik: Kanker, terutama kanker kolorektal, merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Meningkatnya biaya terapi kanker konvensional dan efek sampingnya telah mendorong para peneliti untuk mencari alternatif yang berkelanjutan. Penelitian yang dilakukan oleh Sengupta et al. di Chittaranjan National Cancer Institute di Kolkata telah menunjukkan bahwa kapulaga makanan memiliki hasil positif dalam menangkal kanker kolorektal ke tingkat 48%.

Baik untuk Kesehatan Kardiovaskular: Penelitian yang dilakukan di Departemen Farmakologi dan Farmasi di College of Pharmacy dari Universitas Raja Saud, Saudi Arabia menunjukkan bahwa pemberian kapulaga untuk kondisi kardiovaskular mengakibatkan detak jantung yang lebih rendah dan mengontrol hipertensi.

Kontrol Kolesterol: Mikronutrien yang ditemukan dalam kapulaga dapat menangkal lonjakan lipid dalam tubuh. Enzim antioksidan memiliki pengaruh pada tingkat kolesterol dan membantu secara signifikan mengendalikan mereka.

Anti-Depressant: Kapulaga juga diyakini memiliki sifat anti-depresan. Minyak esensial kapulaga adalah salah satu minyak utama yang digunakan dalam aromaterapi. Hal ini dapat digunakan tidak hanya untuk depresi, tetapi juga sebagai obat untuk berbagai penyakit lainnya mulai dari gangguan lambung dan penyakit paru.

Mengobati Gangguan Kemih: Kapulaga telah digunakan sebagai obat untuk penyakit saluran kemih dan infeksi seperti sistitis, nefritis, dan gonore.

Perlindungan Terhadap Penyakit Gastrointestinal: Kapulaga telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan Cina sebagai obat untuk gangguan pencernaan. Ekstrak metanol dari kapulaga adalah komponen yang membantu dalam mengendalikan gangguan pencernaan seperti keasaman, perut kembung, dan kram perut.

Antimikroba: Sudah ribuan tahun, kapulaga dianggap memiliki sifat melawan infeksi. Dalam ilmu pengetahuan modern, itu berarti bahwa kapulaga mengandung sifat antimikroba. Diamati bahwa minyak dari kapulaga mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa mikroba sangat berbahaya yang secara teratur menyebabkan keracunan makanan.

Anti-spasmodik: Kejang otot sering dilaporkan oleh orang-orang yang lebih tua. Sebuah kontraksi tiba-tiba dari otot-otot menyebabkan kejang tersebut. Ketika otot kontraksi, maka dapata tiba-tiba sakit. Para peneliti Al-Zuhair dkk. di Universitas Raja Saud di Arab Saudi telah melakukan penelitian terhadap hewan dan menyimpulkan bahwa kapulaga dapat digunakan sebagai ukuran pengendali untuk kejang otot.

Penyakit gigi: Kapulaga telah digunakan sebagai obat tradisional Cina untuk menangani masalah gigi selama berabad-abad. Setelah penemuan antibiotik, ditemukan bahwa antibiotik ini menghasilkan hasil yang beragam, serta efek samping. Beberapa efek samping termasuk penghambatan bakteri probiotik ramah yang berkembang di usus.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *