Tips untuk Meningkatkan Daya Otak

Health News 0 Comments
13903286_644997508982917_4183500158464954883_n
sumber : http://www.bewellbuzz.com/wp-content/uploads/2015/05/Brain-power-1.jpg

Otak kita juga perlu dilatih supaya fungsinya maksimal. Dengan fungsi otak yang maksimal, maka kita bisa terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan melemahnya daya otak, seperti alzheimer atau kepikunan yang biasa melanda orang dengan usia lanjut. Ada berbagai cara maupun nutrisi yang bisa membantu meningkatkan daya otak antara lain :

1. Olahraga – Ada hubungan yang pasti antara fisik dan meningkatkan kekuatan otak Anda. Endorfin yang dilepaskan ketika Anda berolahraga dapat berdampak positif pada aliran darah khususnya di 30-60 menit setelah berolahraga.
2. Seledri – Salah satu makanan otak paling terkenal, seledri dikemas dengan luteolin, senyawa yang secara langsung terkait mencegah neurodegeneration. Zat ini menghambat sitokin inflamasi di dalam otak, yang dapat memperlambat kehilangan memori yang terkait dengan usia.
3. Hidrasi – Air adalah aspek kunci dari kesehatan manusia, dan dengan demikian, memainkan peran penting dalam kognisi juga. Dengan menjaga tubuh kita terhidrasi, dapat mendorong fungsi metabolisme yang tepat dan distribusi energi yang seimbang seluruh sel dan sistem organ, yang memungkinkan otak kita untuk bekerja pada kapasitas penuh. Ketika dehidrasi, fungsi kognitif telah terbukti menurun secara signifikan.
4. Cokelat Hitam – Cokelat hitam juga bagus untuk otak Anda. Memiliki zat seperti kafein dan theobromine, cokelat hitam dapat meningkatkan kognisi jangka pendek. Di atas semua itu, kakao mengandung ton antioksidan, yang dapat melindungi otak dari penurunan kognitif.
5. Asah Otak – Melakukan permainan asah otak, teka-teki silang, dan aktivitas mental menantang lainnya dapat merangsang otak untuk mengakses kenangan lama dan potongan pengetahuan yang telah Anda disimpan jauh di sudut-sudut yang jauh.
6. Pisang – Pisang selalu dikenal sebagai makanan otak, terutama karena potassium adalah vasodilator, mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang pada gilirannya meningkatkan oksigenasi. Tingkat tinggi kalium dalam pisang dapat menjaga setiap sudut otak kita aktif.
7. Bayam – Nitrat dapat ditemukan dalam jumlah tinggi pada bayam, bersama dengan sejumlah antioksidan lainnya dan nutrisi penting yang melindungi terhadap efek radikal bebas pada otak, sementara juga mencegah tumor dan perkembangan kanker.
8. Dapatkan Cukup Tidur – Tubuh kita membutuhkan istirahat, dan begitu pikiran kita. Terutama setelah melakukan aktivitas stres mental (mengambil ujian atau memperdebatkan topik yang kompleks), otak kita perlu waktu untuk memulihkan diri dan mengisi ulang. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsentrasi, fokus, dan retensi pengetahuan jauh lebih kuat ketika seorang individu beristirahat, bahkan jika tidur siang di tengah hari.
9. Pollen – Makan serbuk sari mungkin tidak terdengar sangat “normal”, tetapi jika Anda menambahkan bee pollen ke dalam diet Anda, asam amino, protein, dan mineral yang unik lainnya dapat meningkatkan stamina dan kemampuan otak Anda, memastikan bahwa energi tingkat mental Anda tetap tinggi sepanjang hari.
10. Mengurangi Tingkat Stres – Stres kronis berarti bahwa hormon-hormon yang terus-menerus dalam tubuh kita, dan yang dapat menguras otak dan bahkan menyebabkan kerusakan otak. Misalnya, kadar kortisol negatif dapat mempengaruhi hippocampus, wilayah otak yang bertanggung jawab untuk memori jangka pendek. Dengan kata lain, jika Anda sedang stres, Anda tidak akan dapat memproses dan mengingat hal-hal penting dalam hidup sehari-hari Anda.
11. Bit – tingkat Nitrat sering dibahas dalam kaitannya dengan kesehatan, tapi Anda mungkin tidak mengerti mengapa. Setelah diubah menjadi nitrit setelah dikonsumsi, senyawa ini melanjutkan untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, memperkuat pembuluh darah dan mendorong oksigenasi otak, mengakibatkan peningkatan fungsi dan daya proses.
12. Membaca – Popularitas membaca tampaknya menurun, tetapi tetap salah satu cara terbaik untuk mengekspos diri Anda untuk ide-ide baru, mempertahankan pengetahuan baru, dan mempertajam kemampuan konsentrasi Anda. Jika memungkinkan, Anda harus membaca sebuah buku sekali atau dua kali seminggu.
13. Kenari – Otak membutuhkan sejumlah zat untuk tetap sehat, termasuk vitamin, mineral, dan asam lemak omega. Kenari merupakan sumber vitamin E dan asam lemak, yang bekerja sama untuk melindungi otak dari efek merusak dari radikal bebas.
14. Kunyit – Kunyit mengandung kurkumin, bahan aktif yang meningkatkan memori dan kognisi, dan juga menurunkan peradangan, yang dapat mencegah komplikasi yang lebih serius.
17. Mendengarkan Musik – Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik adalah salah satu yang paling sederhana dan paling efektif untuk merangsang kemampuan otak. Dampak musik bagian unik dari otak kita, dan ketika mendengarkan musik sambil melakukan kegiatan lain, memaksa otak kita untuk multi-task dan tetap terlibat dalam kedua kegiatan.
18. Menulis Dengan Tangan – Di zaman modern ini dengan komputer dan tablet, menulis dengan tangan tampaknya sudah ketinggalan zaman dan usang, tapi tidak ada yang menyangkal bahwa menuliskan sesuatu membantu meningkatkan otak dan memori. Itu sebabnya menulis dengan tangan telah terbukti membantu siswa menyimpan informasi, karena mereka mendengar hal itu, menulis, dan kemudian melihat itu, memberikan beberapa keterlibatan kognisi pada waktu yang sama.
19. Tertawa Lebih Sering – Tertawa adalah cara yang indah untuk melepaskan endorfin ke dalam tubuh, dan penelitian menunjukkan bahwa tertawa merangsang kreativitas. Jika Anda merasa sangat grogi atau mati otak, tertawalah!

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *