Tips untuk Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Health News 0 Comments
14022356_645925775556757_6509844732829281136_n
sumber : http://www.healthable.org/wp-content/uploads/2015/12/Digestive-Health.jpg

Sistem Pencernaan sangat penting untuk tubuh kita karena berfungsi sebagai pencerna makanan yang kita konsumsi sehari-hari dan menyerap nutrisi yang akan didistribusikan ke seluruh tubuh. Jika sistem pencernaan terganggu, maka tentu saja akan mengganggu kesehatan lainnya. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk meningkatkan kesehatan pencernaan kita :

1. Probiotik – Jika Anda mencoba untuk meningkatkan kesehatan dan efisiensi perut Anda, probiotik ( “bakteri baik”) adalah cara yang bagus. Dengan mengisi kembali bakteri sehat di dalam perut Anda, Anda meningkatkan serapan hara dan umumnya melindungi lambung dari bakteri jahat dan patogen lain yang dapat membahayakan sistem pencernaan Anda.
2. Olahraga – Seperti halnya dengan setiap masalah kesehatan, dapat ditingkatkan melalui olahraga. Meningkatkan denyut jantung dan berkeringat tidak hanya akan meningkatkan aliran darah dan merangsang metabolisme, tetapi juga membantu mengatur lapar, membakar kalori Anda, meningkatkan otot, dan mengurangi obesitas.
3. Pisang – Kalium yang terdapat pada pisang, yang merupakan vasodilator dan anti-inflamasi, yang keduanya baik untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga merupakan sumber serat yang baik, yang penting untuk pencernaan. Serat membantu mengurangi sembelit.
4. Berhenti Merokok – Merokok tampaknya buruk bagi setiap bagian tubuh. Merokok memiliki efek astringent pada tubuh, penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan kemungkinan peradangan dalam usus.
5. Alpukat – Sebagai zat yang kaya serat, alpukat adalah nutrisi yang dikemas untuk melindungi perut kita. Selain serat, yang merangsang gerak peristaltik dan mengurangi peradangan dalam usus, alpukat juga penuh dengan antioksidan lain yang melindungi sistem pencernaan dan seluruh tubuh.
6. Bayam – Bayam mengandung beberapa serat tidak larut yang baik untuk pencernaan.
7. Kayu Manis – Kayu Manis telah terbukti menjadi karminatif, yang berarti bahwa hal itu dapat meringankan kelebihan gas, dan juga membantu untuk menghambat pertumbuhan berlebih dari ragi.
8. Lada Hitam – Salah satu bahan aktif dari lada hitam, piperine, telah terbukti meningkatkan jumlah cairan pencernaan, yang dapat membantu untuk merangsang pencernaan dan meningkatkan efisiensi serapan hara. Ini juga merupakan stimulan pencernaan, sehingga dapat membantu mengurangi sembelit.
9. Jahe – Jahe telah lama digunakan untuk menenangkan perut dan mengurangi peradangan dalam usus. Selanjutnya, ketika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar, jahe dapat bertindak sebagai pencahar dan menghilangkan sembelit.
10. Tetap terhidrasi – Salah satu tips yang paling penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan adalah minum air. Ini adalah dasar untuk pencernaan dan sangat penting untuk ekskresi. Terutama jika Anda menderita sembelit atau buang air besar yang menyakitkan, meningkatkan asupan air Anda dapat membantu melancarkan pencernaan Anda.
11. Almond – Penelitian telah menunjukkan bahwa kacang almond dapat berfungsi sebagai probiotik pada orang tertentu, yang berarti bahwa mereka merangsang pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam usus. Tingkat tinggi serat juga membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi sembelit.
12. Berries – Berries tidak hanya tinggi serat, tetapi juga tinggi kadar air. Selain itu, beberapa buah berry disebut “Superfoods”, dan kandungan antioksidan yang tinggi dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi dalam usus.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *