Manfaat Kesehatan dari Jintan

Health News 0 Comments

Cuminseeds

Jintan merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai jenis masakan. Ternyata jintan juga dipercaya sebagai pengobatan khususnya untuk masalah pencernaan. Berikut manfaat lainnya beserta cara pembuatannya. Semoga bermanfaat sahabat Cooking with Sheila :

1. Mengatasi Pencernaan
Jinten baik masalah pencernaan, seperti sakit perut, gangguan pencernaan, diare, perut kembung, mual dan morning sickness.
Jinten merangsang sekresi enzim pankreas yang mendukung pencernaan. Bahkan bekerja sebagai penetral asam yang besar untuk melawan keasaman lambung
Campurkan 1 sendok teh bubuk biji jintan panggang dalam segelas air. Minum sekali atau dua kali sehari.
2. Mengatasi Perut Kembung
Perut kembung membuat perut terasa penuh dan ketat karena penumpukan gas di usus kecil. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut dan perut tidak nyaman. Kembung bisa terjadi karena sejumlah faktor, seperti sembelit, gangguan pencernaan, sindrom pramenstruasi (PMS) dan sindrom iritasi usus (IBS).
Bawa 1 cangkir air mendidih.
Tambahkan sejumput jinten, bubuk jahe dan garam laut bersama dengan ½ sendok teh biji adas.
Didihkan selama 5 menit.
Saring, biarkan hingga dingin dan meminumnya.
Ulangi seperlunya.
3. Meringankan Sakit Kolik
Karena kualitas karminatif dan dapat menghilangkan angin, jinten juga baik untuk menghilangkan rasa sakit kolik, yang merupakan masalah umum pada bayi.
Masukan 1 sendok teh biji jintan dalam cangkir.
Tuangkan air panas di atasnya dan tutupi.
Diamkan selama 15 menit.
Saring airnya.
Berikan 1 atau 2 sendok teh air jintan ini untuk anak Anda sekali sehari untuk menenangkan rasa sakit kolik.
4. Mengatasi Anemia
Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab utama anemia. Menjadi sumber zat besi, jintan dapat membantu mengobati kondisi ini. Besi membantu produksi hemoglobin, zat dalam darah Anda yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh Anda. Besi juga membantu dalam produksi energi dan metabolisme. Bahkan, 1 sendok makan jintan memberikan 4 miligram zat besi.

Sertakan jintan dalam masakan Anda untuk mencegah kekurangan zat besi dan mengobati anemia sementara mengurangi gejala, seperti kelelahan, kecemasan, kerusakan kognitif dan masalah pencernaan.

5. Menginduksi Laktasi
Jintan kaya zat besi dan kalsium, sangat baik untuk ibu menyusui serta wanita hamil. Hal ini meningkatkan sekresi dari kelenjar susu untuk merangsang produksi susu. Selain itu, memberikan kekuatan dan energi untuk ibu baru setelah melahirkan.
Campurkan 1 sendok teh bubuk jinten dalam segelas susu hangat.
Tambahkan beberapa madu untuk menambah rasa.
Minum setiap hari di malam hari (setelah makan malam) selama beberapa minggu.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *