Manfaat Kesehatan dari Aromaterapi

Health News 0 Comments
aromatherapy
sumber : https://www.organicfacts.net/wp-content/uploads/aromatherapy.jpg

Banyak orang memanfaatkan aromaterapi untuk membantu dalam kesulitan tidur. Wanginya yang menenangkan memang terbukti ampuh sebagai relaksan yang dapat menghilangkan kecemasan dan mengurangi stres. Kesibukan yang tiada henti kadang membuat Anda sesekali harus mencoba aromaterapi ini. Adapun keuntungan lainnya adalah :

Menghilangkan Stress: Mungkin penggunaan paling luas dan populer aromaterapi adalah untuk menghilangkan stres. Senyawa aromatik dari minyak esensial yang berbeda dikenal sebagai relaksan dan dapat membantu untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan kecemasan. Ini yang kebanyakan orang yang lakukan di rumah dengan menggunakan aromaterapi, karena selain campuran yang sangat sederhana, penelitian tentang aspek aromaterapi sangat terkenal dan banyak diteliti. Beberapa minyak esensial terbaik untuk menghilangkan stres adalah minyak lemon, lavender, bergamot, peppermint, vetiver, dan ylang ylang minyak esensial. Penelitian tertentu juga telah menunjukkan bahwa minyak lemon dapat meningkatkan mood dan mengurangi amarah.

Antidepresan: Aromaterapi sangat umum digunakan untuk menghilangkan perasaan depresi. Sementara ini berguna sebagai pengobatan komplementer, bantuan psikologis atau konseling tetap harus dicari tahu apakah depresi berlanjut atau memburuk. Minyak esensial terbaik yang digunakan untuk mengurangi depresi, paling disarankan adalah peppermint, chamomile, lavender, dan melati.

Meningkatkan Memori: Salah satu penyakit yang paling menakutkan yang mempengaruhi orang tua adalah hilangnya memori dan ketidakmampuan untuk membentuk kenangan jangka pendek. Sementara Alzheimer masih dianggap sebagai penyakit yang tak tersembuhkan, padahal ada cara tertentu untuk mengurangi atau memperlambat perkembangan kondisi tersebut. Aromaterapi sering digunakan sebagai pengobatan alternatif atau tambahan untuk demensia dan penyakit Alzheimer. Penelitian juga telah menunjukkan kemanjuran aromaterapi pada pasien yang lebih muda dalam hal meningkatkan kapasitas memori mereka untuk jumlah waktu tertentu setelah perawatan. Minyak Sage adalah minyak yang paling sering direkomendasikan untuk meningkatkan efek memori.

Meningkatkan Energi: Dalam kehidupan modern kita semua bisa menggunakan lebih banyak energi untuk melewati tugas sehari-hari yang sangat sibuk. Namun, stimulan seperti kopi, rokok, pil energi, atau bahkan zat ilegal dapat memiliki efek yang sangat merusak pada tubuh. Sementara diet dan olahraga membantu, banyak juga orang beralih ke aromaterapi untuk menambah semangat dalam langkah mereka. Banyak minyak esensial yang dikenal untuk meningkatkan sirkulasi, meningkatkan tingkat energi, dan umumnya merangsang tubuh dan pikiran, tanpa efek samping yang berbahaya dari zat perangsang lainnya. Minyak esensial terbaik untuk memberikan diri Anda dorongan energi termasuk lada hitam, kapulaga, kayu manis, cengkeh, melati dan rosemary.

Penyembuhan dan Pemulihan: Sebagai stimulan, minyak esensial dapat membantu meningkatkan tingkat penyembuhan seluruh tubuh. Sifat anti-mikroba dari minyak esensial tertentu juga menjaga tubuh dilindungi selama tahap penyembuhan tubuh. Beberapa minyak esensial yang paling populer untuk mempercepat proses penyembuhan tubuh termasuk lavender.

Sakit kepala: Daripada mengandalkan obat-obatan keluar banyak uang untuk pijat yang mahal, aromaterapi dapat menjadi solusi yang indah yang tidak hanya dapat menghilangkan sakit kepala Anda saat ini, tapi mungkin mengurangi stres, kecemasan, atau mencegah sakit kepala Anda di masa depan. Beberapa minyak esensial terbaik untuk mengurangi sakit kepala dan migrain adalah peppermint, eucalyptus, cendana, dan minyak esensial rosemary. Anda juga dapat mencampur minyak ini dan mengoleskanny minyak ke kulit Anda, kulit kepala, dan leher.

Mengurangi Susah Tidur: Tidak cukup tidur dapat memperburuk atau menyebabkan sejumlah besar kondisi medis sehingga kita merasa tidak produktif dan tidak memiliki energi. Untungnya, aromaterapi membantu kita dengan jadwal tidur yang lebih seimbang dan bahkan dapat menyetel kembali ritme sirkadian kita sehingga tubuh kita secara alami menjadi lelah pada waktu yang tepat, tidur nyenyak sepanjang malam, dan energi di pagi hari. Beberapa minyak esensial terbaik untuk mengelola kebiasaan tidur Anda dan memiliki efek sedatif yang sehat pada tubuh termasuk minyak esensial lavender, chamomile, jasmine, mawar, cendana dan ylang ylang.

Sistem Kekebalan: Efek anti-mikroba, serta anti-jamur dan efek antibakteri dapat melindungi Anda dari sejumlah penyakit dan infeksi yang dapat merusak sistem anda. Beberapa minyak esensial yang paling efektif yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda termasuk minyak esensial oregano, kemenyan, lemon, peppermint, kayu manis, dan kayu putih.

Mengurangi Rasa Sakit: Nyeri adalah salah satu aplikasi yang paling berguna dari aromaterapi. Minyak esensial seperti lavender, chamomile, kayu putih, rosemary, dan peppermint.

Pencernaan: Masalah pencernaan tertentu dapat diobati dengan aromaterapi. Hal ini dapat meringankan sembelit, gangguan pencernaan, kembung, dan dapat mempercepat metabolisme sehingga makanan dicerna lebih cepat. Minyak esensial jeruk biasanya terbaik untuk mengobati kondisi pencernaan, termasuk lemon dan jeruk, tetapi ada juga beberapa penelitian yang menyarankan jahe, chamomile, dan lavender sebagai minyak yang efektif.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *