Manfaat kesehatan dari Rumput Laut

Health News 0 Comments
Seaweed
sumber : https://www.organicfacts.net/wp-content/uploads/2013/06/Seaweed.jpg

Tentunya kita sering mendengar rumput laut bukan? Rumput laut ini banyak digunakan dalam pembuatan bahan makanan, perawatan rambut dan kulit. Berikut kegunaan lain dari rumput laut :

Kanker: Rumput laut mengandung agen pelawan kanker yang mungkin berguna dalam menyembuhkan tumor dan kondisi kanker lainnya seperti kanker usus besar dan leukemia. rumput laut coklat seperti rumput laut wakame dan kombu mengandung glikoprotein dan polisakarida sulfat disebut fucoidans yang memiliki immuno-stimulan, anti-virus, dan anti-kanker. Penelitian tentang efektivitas rumput laut makanan pada kanker payudara telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam mengurangi produksi hormon pemicu kanker, termasuk estrogen, dan memiliki kemampuan untuk menghambat proliferasi sel kanker ganas.

Sumber Yodium: Rumput laut merupakan sumber yang kaya yodium, yang menyerap dalam jumlah yang cukup dari air laut. Yodium adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat untuk semua kelompok umur. Hal ini penting untuk pengaturan fungsi tiroid yang normal, yang juga melibatkan otak dan kelenjar pituitari. Hormon tiroid juga memainkan peran penting dalam proses mielinasi sistem saraf pusat pada bayi baru lahir. Kekurangan yodium dalam tubuh dapat mengakibatkan kelainan seperti pembesaran tiroid atau gondok, hipotiroidisme, dan keterbelakangan mental. Yodium sangat penting dalam kehamilan dan menyusui untuk perkembangan yang normal dari sel-sel otak bayi.

Anti Obesitas: Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa rumput laut memiliki efek anti-obesitas. Senyawa fucoxanthin hadir dalam rumput laut membantu dalam mengurangi akumulasi lemak dan membantu penurunan berat badan.

Kesehatan Pencernaan: Rumput Laut memiliki efek pencahar ringan dan cukup berguna dalam menjaga pencernaan yang sehat. Hal ini membantu dalam merangsang pelepasan enzim pencernaan, mendukung penyerapan nutrisi, dan memfasilitasi metabolisme lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa polisakarida memberi efek prebiotik pada usus, yang membantu dalam fungsi normal dari bakteri perut yang menguntungkan dan melindungi dinding lambung terhadap bakteri berbahaya.

Diabetes: Senyawa Fucoxanthin hadir dalam ganggang coklat telah terbukti efektif dalam mengerahkan efek anti-diabetes. Seiring dengan ini, penyerapan trigliserida rumput laut Laminaria japonica, juga dikenal sebagai kombu, telah dipuji karena efeknya pada diabetes. Seperti yang dinyatakan oleh penelitian, efek anti-diabetes dapat dikaitkan dengan kehadiran asam alginat dalam rumput laut kombu.

Kesehatan Gigi: Ekstrak Rumput Laut telah lama dipercayai untuk efek pencegahan gigi berlubang. Sifat anti-inflamasi bertanggung jawab untuk perbaikan dalam fungsi kelenjar ludah dan membuat jaringan mulut lebih tahan terhadap kerusakan.

Anti-koagulan: Penelitian Laboratorium menyatakan jelas bahwa rumput laut memiliki sifat antioksidan dan anti-koagulan. Anti-koagulan, juga dikenal sebagai pengencer darah, mencegah pembentukan bekuan darah dan mengurangi ancaman stroke, gagal jantung, dan obstruksi pada pembuluh darah dan arteri.

Detoksifikasi: Rumput Laut memiliki kemampuan untuk detoksifikasi dan membersihkan tubuh dan memfasilitasi ekskresi limbah beracun.

Influenza: Rumput Laut memiliki sifat anti-virus yang telah terbukti menjanjikan dalam memberikan efek perlindungan terhadap virus influenza. ekstrak rumput laut menghalangi penyerapan partikel virus berbahaya dalam sel dan mencegah tubuh dari terkena infeksi.

Kesehatan kardiovaskular: Rumput Laut telah berguna dalam mempertahankan tingkat yang lebih rendah dari trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Hal ini membantu dalam menjaga kesehatan jantung, sirkulasi dalam pembuluh darah, dan mencegah kondisi yang fatal seperti gagal jantung, atherosclerosis, dan penyakit arteri perifer.

Kulit sehat: Kekayaan vitamin, mineral, asam amino dan antioksidan dalam rumput laut membantu revitalisasi, melembapkan, dan awet muda. Unsur-unsur ini menjaga kulit terhadap efek berbahaya dari polusi lingkungan dan membantu untuk memperlambat proses penuaan kulit. Penelitian ilmiah telah membuat jelas bahwa ekstrak rumput laut mengandung sifat anti-penuaan dan merupakan bahan yang berguna dalam pembuatan kosmetik perawatan kulit. Sifat anti-inflamasi hadir dalam rumput laut yang berguna dalam mengobati ruam kulit dan luka.

Perawatan Rambut: Kandungan mineral yang tinggi rumput laut juga membantu dalam menjaga kesehatan rambut. Mereka membantu dalam memperkuat akar dan poros folikel rambut dan membuatnya tebal dan berkilau. Karena efek menguntungkan ini, telah terbukti bermanfaat dalam pembuatan sampo dan krim rambut.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *